Usaha Jajanan Pasar yang Terbuat Dari Kelapa

Indonesia memiliki begitu banyak jajanan tradisional dengan beraneka ragam rasa yang pastinya dapat menggugah selera. Kamu dapat menemukan jajanan tersebut di warung-warung ataupun pasar tradisional, bahkan sekarang banyak juga panganan tradisional yang bisa kamu temukan di supermarket maupun Mall.

Bahan dasar pembuat jajanan tersebut tentunya berbeda-beda, salah satu yang paling banyak di Indonesia adalah jajanan yang terbuat dari kelapa. Dan makanan yang terbuat dari kelapa ternyata di Indonesia termasuk yang memiliki banyak peminat.

Usaha jajanan tradisional yang direkomendasikan

Apabila kamu termasuk salah satu orang yang menyukai jajanan pasar yang terbuat dari kelapa, berikut adalah beberapa rekomendasi dari camilan tradisional tersebut :

  • Kue Rangi

Kuliner pertama yang terbuat dari kelapa adalah Kue Rangi, camilan ini biasanya dimasak menggunakan cetakan kue pukis. Adonannya sendiri terbuat dari tepung sagu yang terdapat potongan atau parutan kelapa di dalamnya. Kemudian, ketika sudah matang dan akan disajikan, akan ditambahkan dengan gula merah yang telah dicairkan terlebih dahulu.

  • Wingko Babat

Berikutnya ada Wingko Babat, makanan khas Lamongan ini dibuat dari gula pasir, kelapa parut dan tepung ketan. Agar rasanya lebih nikmat, biasanya kelapa yang digunakan adalah yang muda.

Bentuk dari Wingko Babat ini bulat pipih, cara memasaknya dengan dibakar atau dipanggang sampai berwarna kecoklatan. Teksturnya sendiri empuk dengan rasa gurih dan manis. Kamu bisa menemukan camilan ini di pusat oleh-oleh di Kota Lamongan.

  • Geplak

Camilan berbahan dasar kelapa selanjutnya yang direkomendasikan ketika kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta adalah Geplak. Camilan ini memiliki warna yang bervariasi seperti hijau, kuning, coklat hingga pink.

Geplak mempunyai rasa yang manis dan sedikit gurih karena ada kelapa. Cara membuatnya sendiri juga sebenarnya cukup mudah karena geplak dibuat dari campuran tepung beras air gula dan juga kelapa parut. Panganan ini mudah untuk ditemukan ketika kamu ingin membelikan oleh-oleh bagi kerabat atau sahabat ketika berkunjung ke Jogja.

  • Kue Putu

Siapa yang tak kenal dengan camilan yang satu ini, kue Putu. Kue yang satu ini sering kita temukan dengan penjualnya yang berkeliling dari satu komplek ke komplek yang, tentu untuk mengetahui apakah itu kue putu atau bukan sangatlah mudah. 

Sebab penjual kue putu mudah untuk dikenali dengan suara khasnya yang dikeluarkan dari cerobong kecil. Sebagaimana yang kamu tahu kue putu ini terbuat dari beras ketan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan di dalamnya diberi irisan gula merah. 

Tentu sudah bisa dibayangkan seperti apa rasa yang dihasilkan, manis dan gurih yang tercampur dengan sempurna. Apalagi setelah kue putu matang disajikannya dengan menaburkan parutan kelapa muda dan juga gula pasir.

  • Sagon

Berjualan kue sagon juga bisa menjadi salah satu alternatif ketika kamu ingin memiliki usaha jajanan pasar yang berbahan dasar kelapa. Kue yang satu ini memiliki peminat yang cukup banyak ternyata karena mempunyai rasa yang khas dan juga aroma menggoda.

Kue sagon memiliki komposisi seperti gula pasir, vanili, kelapa parut, margarin dan juga tepung beras ketan. Untuk kelapanya ada baiknya kamu memilih kelapa yang tua karena akan menghasilkan rasa yang jauh lebih gurih dibandingkan kelapa muda.

  • Kue Pancong

Bagi kamu yang tinggal di kota Jakarta tentunya sudah tidak asing dengan kue Pancong. Jajanan ini sangat terkenal dan merupakan jajanan khas dari Betawi. Bila kita melihat dari bentuknya memang serupa dengan kue pukis, sebab cetakan yang digunakan memang sama.

Hanya saja kamu harus tahu bila tekstur dari kedua jajanan ini sangatlah berbeda. Karena pancong dibuat dari kelapa tentu mempunyai rasa yang jauh lebih gurih dibandingkan dengan pukis.

Adonan kue pancong sendiri adalah santan, kelapa parut dan tepung beras. Biasanya dalam menyajikan kue pancong ada yang setengah matang dan matang. Lalu nanti di atasnya bisa diberikan toping berupa gula atau yang lebih modern menggunakan meses serta keju.

  • Dadar Gulung

Dadar gulung, merupakan salah satu jajanan pasar yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Sesuai dengan namanya dadar gulung berarti dibuat dengan cara mendadar kulit adonannya kemudian nanti diisi dengan inti, di mana unti ini terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. 

Sehingga nanti memberikan cita rasa gurih manis. Bila kamu ingin menjadikan dadar gulung ini sebagai salah satu peluang usaha, maka bisa mempromosikannya atau menjualnya kepada penjual jajanan pasar yang ada di pasar atau menitipkannya di warung makan.

Demikianlah tadi informasi mengenai usaha jajanan pasar yang terbuat dari kelapa. Kamu hanya tinggal memilih kira-kira jenis panganan yang mana yang mampu dibuat dan memiliki peluang yang baik ketika akan kamu tawarkan kepada target pasarmu.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *