Tips Mengembangkan UKM dalam Bidang Kerajinan Tangan

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan kegiatan usaha yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang dengan modal menengah ke bawah, target pasar jenis usaha ini biasanya konsumen dengan status sosial ekonomi menengah ke bawah.

Siapapun dapat membangun UKM apabila memiliki keahlian dalam membuat produk yang memiliki nilai jual, kamu bisa memulainya dengan produk berupa kerajinan apabila kamu senang dengan kerajinan atau bahkan memiliki kelompok yang berkegiatan di bidang kerajinan.

Selain memiliki manfaat yang dapat dirasakan konsumen, kerajinan juga memiliki nilia seni yang mampu mendorong peningkatan harga jual produkmu, kerajinan tangan merupakan produk seni yang memiliki manfaat dan seni yang menarik, biasanya dibuat dengan tangan seseorang atau kelompok.

Tips Mengembangkan Usaha Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan ternyata dapat membuatmu memiliki penghasilan yang menggiurkan lho, pasalnya banyak masyarakat yang berminat terhadap produk-produk kerajinan tangan yang unik untuk mereka pakai atau bahkan sekedar mereka pajang di rumah, berikut ini tips mengembangkan usaha kerajinan tangan.

  • Ukur Kualitas Produkmu

Setiap pengrajin biasanya memiliki satu atau lebih keahlian dalam membuat produk kerajinan tangan, apakah kamu punya banyak keahlian dalam membuat kerajinan? Jika iya, maka kamu harus mengukur kualitas setiap jenis kerajinan yang kamu buat.

Pilihlah jenis kerajinan yang kamu anggap unggul dari jenis-jenis lainnya yang biasa kamu buat. Kamu bisa memilih satu sampai beberapa pilihan, kemudian memutuskan untuk fokus membuat jenis kerajinan tersebut.

Tips pertama ini dimaksudkan agar produk kerajinan tangan yang kamu jual memiliki ciri khas dan merupakan kerajinan tangan yang terbaik atau terunggul dari sekian banyak kerajinan tangan yang kamu buat, sehingga calon konsumen dapat melihat langsung kerajinan terbaikmu.

  • Belajar Meningkatkan Kualitas Jenis Kerajinan Tangan yang Dipilih

Setelah kamu memilih satu atau beberapa jenis kerajinan, maka sebaiknya kamu fokus meningkatkan kualitas jenis kerajinan yang kamu pilih itu, silahkan pelajari lebih banyak tentang jenis kerajinanmu, kamu bisa mencari banyak pengetahuan melalui youtube dan beberapa sumber informasi lainnya.

Setiap orang mungkin bisa saja membuat satu atau beberapa jenis kerajinan tangan, namun sedikit orang yang bisa membuat kerajinan tangan dengan kualitas terbaik dan desain yang mendorong tingginya harga jual.

Jika kamu ingin memiliki kerajinan tangan yang berkualitas dan berdaya jual tinggi, maka sebaiknya kamu belajar untuk meningkatkan kualitasnya, pastikan produk kerajinan tanganmu bisa unggul dari pengrajin lainnya yang merupakan pesaingmu di pasaran.

  • Buat Kerajinan Tanganmu Menjadi Lebih Unik

Unik artinya produk kerajinan tanganmu memiliki diferensiasi dengan produk kerajinan tangan yang dibuat pengrajin lainnya, ada perbedaan yang mencolok yang membuat konsumen mengenal produkmu lebih dari sekedar mengetahui, dalam artian ada ciri khas yang terkenang di pikiran konsumen.

Kamu bisa membuat keunikan mulai dari bentuk dan warna, atau nama brand yang membedakan produk kerajinan tanganmu dengan yang lainnya, namun cara ini hanya akan membuat konsumen sekedar mengenal saja, ada cara membuat keunikan yang lebih efektif lagi.

Cara membuat keunikan yang lebih efektif ialah membuat desain produk kerajinan tanganmu berbeda dari yang lain, ditambah dengan keunggulan manfaat yang berbeda dari produk kerajinan tangan lainnya, itu akan menjadi nilai tambah yang sangat efektif mendorong minat beli konsumen.

  • Manajeman Modal yang Baik

Kamu juga harus pastikan bahwa manajeman modal yang kamu terapkan itu baik, yaitu dengan memastikan bahwa perputaran uang stabil dan penggunaan dana yang tepat guna.

Banyak sekali pengusaha UKM yang harus gulung tikar di tengah jalan karena manajeman modal yang salah, mereka tidak menghitung dengan baik modal, pemasukan dan pengeluaran.

Sederhananya, ketika kamu memiliki modal untuk memulai usaha, maka catat dengan baik berapa modal yang dikeluarkan, begitupun ketika mendapatkan income jangan langsung menggunakan uang itu untuk kebutuhan, tetapi aturlah sebaik mungkin untuk biyaya produksi dan kas usaha, barulah penghasilan.

  • Mengikuti Event Pameran

Kamu juga harus mencari dan memanfaatkan peluang, salah satunya dengan cara mengikuti event pameran, biasanya ada banyak penyelenggara event pameran kerajinan tangan, mulai dari yang diselenggarakan komunitas, sampai yang diselenggarakan pemerintah.

Sebaiknya kamu manfaatkan kesempatan tersebut, cari informasi-informasi seputar itu dan manfaatkan untuk menjadi momen iklan yang potensial. Kamu harus ikuti event pameran, baik yang diselenggarakan langsung ataupun yang diselenggarakan secara online.

Selain itu, kamu juga bisa membuat tim komunitas pengrajin, dengan memanfaatkan internet, kamu bersama komunitasmu dapat membuat event online ataupun offline dengan tujuan memancing calon konsumen untuk melihat produk kerajinan tangan yang kamu buat.

Demikian tips mengembangkan UKM di bidang kerajinan tangan, setiap usaha memerlukan langkah-langkah yang sistematis untuk mencapai tujuan, sebaiknya kamu fokus menekuni bidang kerajinan tangan apabila itu memang keahlianmu yang berpotensi menghasilkan cuan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *