Tips Membangun Usaha Street Food Kecil-kecilan

Memiliki usaha di bidang kuliner memang merupakan salah satu yang menjanjikan walaupun model yang digunakan saat memulai bisnis tersebut terbilang kecil. Namun sama seperti ketika kamu ingin membuka usaha pada bidang lain, ada baiknya mengetahui lebih dahulu apa saja cara yang baik untuk memulai bisnis street food kecil-kecilan.

Karena apabila kamu tidak memiliki gambaran tentang usaha yang nantinya akan dijalankan, biasanya akan merasa bingung dan tidak tahu harus memulainya dari mana. Oleh sebab itu kami akan memberikan beberapa tips membangun usaha street food untuk kamu.

Matangkanlah konsep bisnis 

Langkah awal cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil adalah terlebih dahulu menyiapkan konsep menu dan bagaimana usaha tersebut akan dijalankan. Kapan kamu memasak, sebelum atau sesudah pesanan?

Ada banyak pilihan menu kuliner yang disukai konsumen saat ini. apa yang ingin kamu jual Sekarang sudah ada berbagai minuman modern seperti bubble tea, kopi, es krim dan lain sebagainya. 

Kemudian jual makanan ringan, kue kering atau kue manis seperti donat, brownies, pisang coklat, martabak, roti. Lalu ada macam-macam nasi, dan menu utamanya adalah ayam dan bebek, seperti ayam, ayam, bebek goreng. 

Ada masakan Jepang seperti ramen, tempura, dan sushi. Makanan Korea, Makanan Cina, Makanan Timur Tengah, Makanan Thailand, Makanan India, Makanan Cepat Saji; ada juga menu yang sangat populer seperti sate, seafood, bakso, sup, sop iga, mie, dll.

Keunikan, nilai, harga, perlu diperhatikan sejak awal. Dalam hal ini, penting untuk melakukan observasi dan investigasi di tempat. Pertimbangkan juga di mana bahan baku dapat diperoleh dan di mana bahan tersebut dapat disimpan. Selain itu, konsep pemasaran menjadi semakin matang.

Lakukanlah survei pasar

Tips membangun usaha street food yang selanjutnya adalah dengan melakukan survei pasar, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan supaya nantinya kamu bisa mengetahui menu-menu apa saja yang sekiranya dapat diterapkan pada bisnis kamu.

Kemudian mengetahui siapa kompetitor dalam usaha tersebut dan target pasar bisnis street food yang akan kamu jalankan. Walau sebenarnya ketika kamu memilih untuk membuka usaha street food target pasarnya tentu akan lebih luas dibandingkan mereka yang memiliki bisnis pada jenis kuliner tertentu. 

Selain itu dengan melakukan survei pasar kamu juga bisa tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari menu-menu para pesaing dan menjadikan kekurangan tersebut sebagai kelebihan pada usaha yang akan dijalankan..

Membuat rencana usaha yang baik

Rencana yang matang dan terperinci adalah setengah dari keberhasilan suatu perusahaan. Cara memulai usaha catering dengan modal kecil juga membutuhkan rencana bisnis atau business plan. Dengan cara ini kamu dapat memvisualisasikan perputaran uang (arus kas).

Rencana bisnis mensimulasikan cara memulai bisnis kuliner, aliran uang, dan mengembangkan strategi. Selain itu, pentingnya memiliki rencana bisnis adalah jika kamu membutuhkan mitra atau investor, kamu dapat mempresentasikan rencana bisnis memasak kamu dengan jelas.

Biasanya yang terdapat di dalam sebuah bisnis plan adalah sebagai berikut:   

  • Rencana anggaran, keuangan modal awal serta rincian penggunaannya.
  • Orang-orang yang nantinya akan menjadi tim dari bisnis tersebut.
  • Harga jual dan juga isi menu.
  • Strategi marketing dan juga waktu pelaksanaan.

Carilah lokasi usaha yang tepat dan strategis

Tips membangun usaha street food selanjutnya dan penting adalah lokasi dari bisnis tersebut haruslah tepat dan juga strategis. Pastikan jika lokasi yang nantinya akan kamu tempati bukanlah kawasan yang dilarang oleh pihak pemerintah untuk berjualan karena nantinya bisa membawa ketidaknyamanan.

Kemudian walaupun biasanya usaha street food ini tidak membutuhkan izin usaha, tetapi alangkah baiknya jika kamu mengurus hal tersebut demi keamanan dan kenyamanan baik pelanggan serta keberlangsungan dari bisnis milikmu.

Untuk penentuan lokasi sendiri kamu bisa menyesuaikan dengan produk yang nantinya ingin dijual. Misalkan itu berupa minuman seperti boba, ataupun minuman kekinian lainnya. Mungkin kamu dapat mencoba menjalankannya di sekitar area sekolahan atau kampus, sebab biasanya para pelajar menyukai minuman seperti ini.  

Menciptakan menu dan nama dagang

Ciptakanlah nama atau merek dagang dan juga menu yang nantinya akan diperkenalkan kepada para calon pembeli. Gunakanlah nama yang unik tetapi tetap mudah untuk diingat supaya calon konsumen kamu tidak bingung saat mereka ingin mencarinya melalui platform digital.

Mempromosikan produk

Usaha apapun itu tentunya kamu harus melakukan yang namanya promosi. Termasuk ketika menjalankan usaha street food, untuk memperkenalkan bisnis yang sedang kamu jalankan bisa dengan cara membuat promosi di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Tik Tok, Instagram hingga WhatsApp. 

Buatlah satu poster menggunakan aplikasi desain, ciptakan poster yang unik dan menarik untuk dipajang pada sosial media yang kamu punya. Selanjutnya adalah dengan membuat konten promosi setiap harinya.

Konten tersebut bisa berbentuk video ataupun foto yang menjelaskan secara singkat bagaimana bisnis kamu mulai dari menu dan juga harga. Kemudian kamu juga bisa bermitra dengan beberapa perusahaan jasa kurir atau ojek online seperti shopee food, grab food dan juga go-food supaya lebih mudah memperkenalkan bisnis.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *