Tips Bisnis Online dari Amazara, Salah Satu UMKM yang Sukses

Kesuksesan merupakan impian semua orang. Hampir semua orang melakukan berbagai cara untuk mencapai kesuksesan nya. Salah satunya yaitu dengan bisnis,saat ini bisnis online sangat diminati mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Oleh karena itu, banyak sekali kalangan muda yang telah sukses merintis usaha. Aktivitas bisnis online seperti jual beli produk atau barang secara online,maupun menyediakan jasa secara online. Kegiatan bisnis online dapat dilakukan dengan berbagai jenis seperti website, online shop, blog hingga akun media sosial. 

Salah satu pebisnis online yang telah sukse yaitu Uma Hapsari pemilik Amazara, UMKM asal Yogyakarta yang berdiri sejak 2015 ini fokus pada penjualan sepatu perempuan. 

Menurut Uma Hapsari,pemilik dari Amazara berjualan online adalah cara yang efektif untuk memperluas pasar. Kini, jumlah pelanggan Amazara mengalami peningkatan setiap bulannya dan mampu memproduksi ribuan sepatu. 

Untuk mencapai kesuksesan bukan suatu hal yang mudah di butuhkan pemikiran dan konsistensi dalam melakukan bisnis online. Demi mendukung penisnis pemula dan UMKM, Uma pun membagikan inspirasi dan tips sukses untuk mengembangkan bisnis online melalui marketplace Tokopedia. 

Tips bisnis online dari Amazara. Yuk,kita simak tips dari Uma owner Amazara :

  • Tentukan dan kenali produk yang akan di jual

Hal pertama yang harus di pikirkan adalah ide jualan dan menentukan jenis produk yang akan dijual. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai menentukan produk yang akan di jual misalnya produk yang di sukai banyak orang, menarik bagi yang memiliki hobi, mengikuti tren lebih awal dan mengidentifikasi segmentasi dari kategori pasar. 

  • Gunakan Online shop

Menggunakan online shop atau e-commerce dapat meningkatkan penjualan kamu secara efisien dan dapat menguntungkan kedua belah pihak sebagai penjual dan pembeli. Dengan menggunakan online shop dapat menghemat waktu dan tenaga.

Keuntungan lainnya kamu dapat menganalisis toko dan produkmu. Seperti total pendapatan dan feedback dari pelanggan mengenai produk atau pelayanan di toko kamu. 

  • Memanfaatkan media sosial 

Seperti yang kamu ketahui pengguna media sosial banyak sekali. Hal ini dapat dimanfaatkan saat kamu melakukan bisnis online. Karena dengan menggunakan media sosial kamu dapat berinteraksi dengan calon pembeli dan kesempatan kamu untuk mendapatkan banyak pelanggan akan lebih terbuka. 

Selain itu, beberapa media sosial terdapat fitur yang dapat kamu gunakan untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, misalnya fitur direct message/dm pada aplikasi Instagram. 

Namun, penggunaan media sosial bukan hanya untuk berjualan. Kamu dapat menegmbangkan bisnis kamu dengan cara mengunggah konten seperti video atau foto produk.

  • Membangun Website

Disaat memulai bisnis online,kamu bisa melakukan dengan membuat website. Hal ini dapat memudahkan pelanggan menemukan toko mu di Google. Dalam pembuatan website kamu bisa melakukannya sendiri atau menggunakan penyedia jasa pembuatan website.

  • Buat toko lebih menarik

Kamu dapat memulai dengan membuat konten foto atau video produkmu yang menarik. Sehingga akan menarik perhatian calon pembeli. Selanjutnya, dengan membuat logo brand sendiri. Hal ini bertujuan untuk membedakan produk dengan produk yang lain. Salah satunya dengan menambahkan unsur unik dari produk kami. 

  • Membangun mindset yang tepat

Memiliki mindset bisnis yang tepat dan mental yang kuat salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Salah satunya yaitu dengan fokus pada satu jenis bisnis terlebih dahulu untuk dapat dikenali kalangan masyarakat dan memperluas target pasar. 

Karena dalam bisnis kesuksesan dan kegagalan adalah hal yang wajar. Sehingga sebagai seorang pebisnis harus memiliki mental yang kuat dan tidak mudah menyerah.

  • Mengatur Manajemen Keuangan Bisnis

Disetiap bisnis baik itu bisnis online maupun offline memerlukan manajemen keuangan yang tepat. Dengan mengatur manajemen keuangan yang tepat dapat membuat perusahaan mudah di kontrol, perusahaan lebih mudah mengambil keputusan, dapat meningkatkan keuntungan dan asset.

Salah satu hal penting dalam manajemen keuangan yaitu membuat laporan keuangan. Kini kamu dapat mudah menggunakan beberapa aplikasi atau website yang dapat dimanfaatkan untuk membuat laporan keuangan secara cepat,tepat dan realtime.

  • Lakukan evaluasi secara rutin

Sebuah bisnis pasti ada pasang surut, terdapat kesuksesan dan kegagalan. Jangan sampai kamu terlena dengan keuntungan yang banyak atau merasa putus asa karena bisnis yang kamu jalankan mengalami penurunan. Kamu harus tetap melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas secara bertahap. 

Evaluasi ini bertujuan untuk membandingkan rencana awal yang dibuat sebelum memulai bisnis dengan hasil yang telah tercapai dalam kurun waktu tertentu. Evaluasi ini juga dapat dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang kamu miliki. 

Demikian beberapa tips sukses bisnis online. Dalam menjalankan bisnis pasti ada kesuksesan dan kegagalan jadi jangan mudah putus asa dalam melakukan bisnis online dan percaya pada diri sendiri. 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *