Syarat Untuk Bisa Ikut Kampus UMKM Shopee?

kampus ukm shopee

Untuk mendukung berkembangnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia, Shopee akan memberikan fasilitas kepada para pelaku UMKM, dengan membuka Kampus UMKM Shopee dan Ekspor. 

Sampai sekarang Shopee sudah memiliki dua Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, provinsi Jawa Tengah dan Bandung provinsi Jawa Barat, juga Semarang, Jawa Tengah dan nantinya mereka berencana akan mendirikan Kampus UMKM di kota Malang, provinsi Jawa Timur.

Radynal Nataprawira yang merupakan Head of Public Affairs Shopee Indonesia, mengatakan jika Kampus UMKM Shopee Ekspor sengaja didirikan oleh Shopee Indonesia guna menyediakan sarana untuk pelaku usaha mikro kecil menengah dalam mengembangkan usaha serta mulai berjualan online. 

Menurut Radynal Nataprawira pada hari Senin, 4 Oktober 2021. Kampus UMKM Shopee Ekspor, sangat berharap agar dapat merangkul banyak pelaku bisnis lokal supaya bisa berjualan atau berdagang secara online serta mengembangkan usaha tersebut bersama Shopee.

4 Cara Pendaftaran Program Kampus UMKM Shopee Ekspor 

Untuk dapat mengikuti program dari Kampus UMKM Shopee Ekspor, Anda sebagai pelaku usaha mikro kecil menengah agar bisa melakukan pendaftaran, Anda dapat menggunakan 4 cara berikut :

  1. Dengan mendatangi secara langsung lokasi Kampus UMKM Shopee Ekspor untuk melakukan pendaftaran diri sebagai Penjual Shopee.
  2. Anda dapat menghubungi (021) 80864200 Ext 7881 saat jam operasional kerja setiap hari Senin hingga Jumat, pada pukul 09:00 sampai dengan 17:00 WIB.
  3. Anda bisa mengirimkan email kepada pihak Kampus UMKM Shopee melalui alamat surel mereka di kampusumkmshopee@shopee.co.id dengan subjek email:
  • Nama lengkap Anda
  • Pendaftaran untuk Program Kampus UMKM Shopee pilihlah salah satu kota (Solo, Bandung atau Semarang).
  1. Anda juga dapat mendaftarkan diri melalui online, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :
  • Silahkan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Shopee pada ponsel pintar Anda.
  • Kemudian masuklah pada halaman seller.shopee.co.id 
  • Setelah itu, klik tulisan Kampus UMKM Shopee Ekspor
  • Isilah formulir yang terdapat pada halaman tersebut.
  • Nantinya Anda akan dihubungi oleh pihak Shopee, setidaknya maksimum 2 hari kerja dari Anda melakukan pengisian formulir.

Setelah melakukan pendaftaran, pelaku UMKM nantinya akan mendapatkan notifikasi berisi konfirmasi dari Tim Shopee selambat-lambatnya pada hari Sabtu pada minggu pendaftaran kelas. Bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah yang sudah bergabung bisa langsung datang untuk mengunjungi Kampus UMKM Shopee Ekspor sekaligus mendapatkan beberapa keuntungan, seperti berikut :

  • Anda akan mendapatkan seorang pendamping bisnis, Trainer Shopee, Tim Customer Service, sampai dengan Tim Ekspor guna memberikan pelajaran kepada Anda mengenai cara berjualan online, arahan, hingga pelatihan agar Anda bisa mendapatkan bantuan modal dari Shopee.
  • Anda akan mendapatkan sarana serta prasarana sebagai mendukung penjualan.
  • Anda dapat memperluas kenalan atau koneksi dengan para pelaku UMKM yang lain.

Keuntungan Program UMKM Shopee Ekspor

Mendorong penjualan hingga ke Luar Negeri

Melalui program yang dikeluarkan oleh pihak Shopee, yaitu Ekspor Shopee. Para pelaku UMKM dapat meningkatkan serta mengembangkan penjualan diharapkan dengan bisa menjangkau pembeli dari luar negeri.

Untuk saat ini, program ekspor Shopee memiliki lima negara sebagai tujuan ekspornya, yaitu Thailand, Singapura, Filipina,Vietnam dan Malaysia. Bahkan rencananya akan meluas ke benua Amerika.

Menurut Balques Manisang selaku Head of Government Relation Shopee Indonesia, setidaknya telah ada 180.000 pelaku UMKM Indonesia yang sukses melakukan ekspor melalui Shopee menuju Thailand, Singapura, Filipina,Vietnam dan Malaysia.

Gratis

Melakukan ekspor produk tentu tidak lepas dari bea dan cukai. Tarif pengiriman tentu selalu menjadi bahan pertimbangan pemilik UMKM dalam melakukan ekspor. Namun, melalui program yang dimiliki oleh Shopee, Anda tidak perlu lagi khawatir.

Karena seluruh biaya pengiriman barang ke luar negeri, nantinya akan di tanggung oleh pihak Shopee. Tidak hanya itu, Anda juga wajib memastikan jika barang atau produk yang akan dijual ke luar negeri tersebut, telah mematuhi dan sesuai dengan peraturan pemerintah.

Mudah

Tidak hanya biaya, untuk proses melakukan ekspor produk juga sering menjadi kendala bagi UMKM. Tetapi, sekarang Anda para pemilik usaha UMKM dapat mengekspor Anda semudah berjualan di dalam negeri dengan mengikuti program Ekspor Shopee.

Bagi pelaku UMKM, Anda hanya harus mempunyai satu toko online di aplikasi Shopee dan setidaknya mengunggah satu produk yang aktif serta stok minimal dua barang. Kemudian, pastikan jika toko Anda tidak mendapatkan penalti juga aktif kurang lebih tiga bulan.

Kemudian, UMKM nantinya akan menerima sebuah undangan guna bergabung atau melakukan pendaftaran pada shopee.co.id/programeksporshopee. Setelahnya akan ada Tim Shopee yang akan melakukan pendataan toko, setidaknya setelah melakukan pengumpulan data.

Dapat Eksposur

Pada program Ekspor Shopee, sebagai pelaku UMKM Anda akan mendapatkan eksposur toko, hal ini dapat melewati koleksi spesial, produk indonesia, fitur pencarian serta campaign banner. Apabila telah terdaftar, UMKM dapat melakukan pengecekkan pada toko Shopee Thailand, Malaysia atau negara lainnya dengan menggunakan mesin pencari.

Itulah informasi seputar syarat untuk dapat mengikuti atau mendaftar Kampus UMKM Shopee yang sekarang ini telah berhasil menembus pasar Asia Tenggara, sehingga para pelaku usaha benar-benar terbantu dan dapat lebih mengembangkan usaha mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *