Strategi Marketing Online untuk Pebisnis UMKM

Sekarang ini, melakukan marketing secara online sangatlah penting sekali. Mengingat perkembangan internet pun semakin maju. Hampir seluruh negara di dunia sudah menggunakan internet untuk melakukan hal apapun. Marketing online pun sangatlah dibutuhkan oleh para pebisnis UMKM karena peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan pun sangatlah tinggi. 

Bila kamu memiliki UMKM dan ingin mengembangkannya dengan cara marketing online, maka kamu harus tahu strategi marketing online yang ampuh. Dalam artikel ini sendiri akan dijelaskan dengan lebih mudah akan strategi marketing online untuk kamu. Yuk, simak ulasannya lebih jauh. 

Strategi Marketing Online Untuk Pebisnis UMKM 

Menjalankan strategi marketing online tidaklah mudah. Apalagi marketing online tidaklah sama dengan marketing biasa. Harus banyak sekali yang perlu dipahami agar strategi bisa dijalankan dengan baik. Maka daripada itu, kamu dapat mengikuti strategi marketing online yang ada di bawah ini: 

Pasang Google Business 

Google adalah salah satu perusahaan berbasis internet yang sangat besar. Untuk mencari informasi sekecil apapun saja, kita selalu menggunakan Google. Perusahaan ini pun punya banyak sekali fitur yang akan mendukung bisnismu, salah satunya adalah Google Business. Maka daripada itu kamu harus memanfaatkan fitur ini agar bisnis mudah ditemukan. 

Kamu bisa mendaftarkan bisnismu di Google Business dengan cara yang juga tidak terlalu sulit. Dengan mendaftar di fitur Google ini, nantinya bisnismu akan ditemukan lebih mudah oleh target pasar. Bahkan alamat hingga produk yang kamu jual bisa dipasang di Google Business dan membuat usaha berkembang dengan lebih mudah. 

Buat Website 

Jika berbicara akan marketing online, maka website tidak bisa kamu lewatkan. Karena website bisa membantu kamu memasarkan produk lebih mudah dan luas lagi. Bangunlah website yang bisa menarik perhatian pengunjung. Lakukan optimasi yang akan membantu situs atau website usaha UMKM menjadi lebih besar. 

Misalnya adalah dengan membuat konten berkualitas dan relevan. Pastikan juga kamu selalu menggunakan kata kunci yang tepat agar konten mudah sekali ditemukan. Sehingga nantinya website bisa ditemukan dengan lebih mudah. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus membuat website yang ramah mobile, dalam artian website bisa dibuka dengan menggunakan handphone. 

Menggunakan Sosial Media 

Strategi selanjutnya yang jelas sangat perlu kamu lakukan adalah dengan menggunakan media sosial. Sama seperti website, marketing online tidak lepas dari penggunaan media sosial. Apalagi sekarang hampir semua orang menggunakan media sosial untuk bisa berkomunikasi dengan teman online. 

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan media sosial dalam memasarkan produk UMKM yang kamu produksi. Sama seperti website juga, agar banyak orang yang mengenali usahamu, maka berikanlah konten yang relevan dengan produk. Kamu bisa memberikan konten informasi, hiburan hingga edukasi. Pastikan bahwa isi sudah relevan dan mampu membuat pengguna media sosial mengenal brand. 

Untuk bisa menemukan konten yang tepat, maka sangat disarankan untuk kamu melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari riset kompetitor, riset target dan lain sebagainya. Dengan begini kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan follower yang banyak serta dapat dikonversikan menjadi pembeli. 

Endorsement 

Strategi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan endorsement. Bisa dikatakan endorsement adalah marketing dengan memanfaatkan influencer, selebgram, artis dan lain sebagainya yang dikenal mempunyai follower sangat besar. Dengan endorsement, maka kamu bisa menjangkau target pasar lebih luas lagi. 

Tapi, ada satu hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin menggunakan endorsement sebagai strategi marketing. Salah satunya adalah pemilihan influencer yang ingin kamu ajak bekerja sama. Karena tidak semua influencer akan cocok untuk kamu ajak kerjasama, mengingat setiap influencer memiliki karakter sendiri-sendiri. 

Contoh paling gampang adalah jika kamu menjual produk UKM berbau kerajinan rajutan tas wanita. Sudah pasti kamu tidak bisa mengajak kerjasama influencer pria yang jelas tidak menggunakan tas rajutan wanita. Karena secara target saja sudah berbeda dan tidak sesuai dengan karakter dari influencer. Pastikan juga kamu mengajak influencer untuk memberikan review sejujurnya agar marketing bisa berhasil. 

Nah, dari semua strategi di atas, kamu bisa melihat bagaimana marketing online mampu memberikan banyak sekali keuntungan untuk perkembangan bisnis. Maka daripada itu, kamu harus memastikan dengan baik agar strategi marketing online yang kau lakukan telah berhasil. 

Jadi, sudah jelas bukan akan strategi marketing online yang bisa kamu jalankan untuk mengembangkan bisnis UMKM. Karena memang sekarang ini tidak mungkin kamu bisa mengembangkan bisnis dengan marketing tradisional. Sehingga pastikan bahwa strategi yang kamu jalankan sudah sesuai. 

Lakukanlah riset terlebih dahulu agar strategi yang kamu jalankan bisa berhasil. Karena marketing online yang paling penting adalah dengan menggunakan berbagai fitur internet yang ada sekarang ini. 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *