Potensi Bangun Bisnis Kerajinan Tas dari Barang Bekas

Masalah sampah plastik tidak pernah berhenti sampai sekarang. Sampah plastik menjadi masalah serius. Mengapa? Karena plastik memiliki umur yang pendek, dan sampah plastik membutuhkan waktu yang lama untuk dapat terurai oleh tanah.

Seperti diketahui, sampah plastik, terutama yang berbentuk kantong, membutuhkan waktu 20 hingga 1000 tahun untuk akhirnya terurai. Bahkan, di beberapa tempat, sampah plastik tidak lagi menjadi masalah serius, bahkan bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Banyak orang memulai bisnis dengan memanfaatkan sampah plastik.

Jika kita sangat kreatif, sampah plastik bisa dijadikan kerajinan yang indah dan sangat unik. Selain bahan baku yang tersedia, kami juga terlibat dalam menjaga lingkungan. Sampah plastik seperti bungkus kopi instan, detergen, botol plastik, dll sebenarnya masih bisa diolah menjadi barang berharga.

Keuntungan yang didapatkan dari mendaur ulang barang bekas menjadi tas

Kamu harus tahu, bila menurut survei dunia Indonesia adalah penyumbang sampah berjenis plastik terbesar di lautan pada urutan kedua. Mengingat plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai, maka zat-zat berbahaya yang terkandung dalam plastik sangat merusak lingkungan.

Namun, pada dasarnya bukan hanya sampah plastik yang merusak lingkungan, sampah jenis lain juga bisa. Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, kita bisa melakukan hal-hal kecil seperti menggunakan barang bekas agar bisa digunakan kembali seperti tas.

Menggunakan barang dagangan lama agar dapat digunakan kembali sering disebut daur ulang. Apakah barang bekas yang sudah tidak layak pakai dapat digunakan kembali? Apa yang baik? Barang/barang bekas bukan berarti tidak layak pakai. Bahkan benda yang tidak pantas pun bisa diubah menjadi hal yang lebih berguna jika kita berpikir kreatif. Apa kelebihan tas daur ulang ini?

Beberapa keuntungan yang diperoleh dari tas daur ulang

Tentunya ada keuntungan-keuntungan tersendiri yang bisa diperoleh ketika kamu memanfaat limbah barang bekas, terutama yang berasal dari plastik. Karena sampah ini bisa diolah kembali menjadi beragam jenis tas dan tidak kalah bagus dengan bahan lainnya. 

  • Tidak perlu tas mahal atau beli baru

Berhemat, ini merupakan keuntungan pertama yang bisa kamu peroleh ketika mampu memanfaatkan sampah/ barang bekas, seperti plastik untuk dijadikan tas. Kamu tidak lagi perlu membeli tas baru di toko, namun bisa memperlihatkan hasil daur ulang ciptaan sendiri.

  • Menarik perhatian

Keuntungan selanjutnya ketika kamu menggunakan tas daur ulang dari sampah plastik, sudah pasti orang-orang di sekitarmu akan memperhatikan. Jadi ciptakan lah karya yang walaupun itu terbuat dari limbah plastik namun tetap terlihat cantik dan membuat orang lain yang melihatnya jadi ikut tertarik untuk memilikinya.

  • Murah dan mudah diperoleh

Keuntungan selanjutnya adalah bahan utama untuk membuat tas ini sudah pasti murah dan mudah untuk diperoleh. Contohnya seperti plastik pembungkus bekas deterjen atau pencuci piring dan lainnya. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara meminta para ibu-ibu di lingkunganmu untuk menyetorkan bahan-bahan tersebut kepadamu.

Manfaat dari mendaur ulang barang

Selain keuntungan, ada juga manfaat yang akan kamu dapatkan dari daur ulang barang bekas. Apalagi ini terkait dengan bisnis, karena kenyataannya tas-tas hasil daur ulang limbah plastik mempunyai peminatnya sendiri. Nah, berikut di bawah ini beberapa manfaat ketika kamu membuka usaha tas dari sampah plastik :

  • Bisa memberikan pekerjaan kepada banyak orang

Ketika kamu memutuskan untuk memiliki usaha yang berkaitan dengan sampah terutama limbah plastik, pastinya akan membutuhkan banyak pekerja. Nah, ini merupakan salah satu cara untuk membantu masyarakat yang ada di sekitar tempat usahamu. Kamu dapat mencari orang-orang di sekitar yang memang mau bekerja dan membantu mereka pula dalam hal perekonomian.

Karena bagaimanapun sudah bukan hal yang rahasia lagi jika di Indonesia terbilang kurang memiliki lapangan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di pinggiran atau di pedesaan. Dalam hal ini yang kamu butuhkan hanyalah sebuah keberanian untuk mengajak mereka supaya bisa hidup lebih layak.

  • Mengurangi pencemaran lingkungan

Manfaat kedua adalah kamu sudah membantu pemerintah dalam hal mengurangi sampah plastik yang memang sulit untuk diurai oleh bumi sehingga pada akhirnya hanya menjadi salah satu yang mencemari lingkungan.

Saat kamu sudah mampu mendaur ulang limbah limbah plastik tersebut seperti botol pembungkus makanan pembungkus deterjen dan lainnya yang masih menggunakan plastik, pastinya ini bisa menjadi satu hal yang menyelamatkan bumi kita.

  • Membuat pendapatan di daerah tersebut meningkat

Saat kamu memiliki sebuah bisnis di suatu daerah dan mempekerjakan masyarakat yang ada di sekitar tempat usahamu tersebut. Secara tidak langsung kamu sudah membantu untuk meningkatkan pendapatan di daerah tempat usahamu.

  • Masyarakat akan semakin kreatif dan tentunya keterampilannya meningkat

Ketika memiliki usaha yang berhubungan dengan limbah atau sampah kemudian mendaur ulangnya, ini menjadi salah satu cara untuk mengasah keterampilan serta kekreativitasan orang-orang yang kamu ajak untuk bekerja sebagai pengrajin barang bekas tersebut.

Tidak hanya terkait dengan hal-hal yang sudah disebutkan di atas kamu harus tahu ketika sampah semakin menumpuk tentunya akan menjadi sumber penyakit dan pastinya akan mengancam kesehatan masyarakat sekitar. 

Jadi ketika ditanya apa yang menjadi potensi membangun sebuah bisnis yang menggunakan bahan baku sampah atau barang-barang bekas, selain mendapatkan keuntungan secara materi sudah pasti dapat membantu banyak orang dan juga lingkungan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *