Pentingnya Pencatatan Keuangan Untuk UKM

Tolak ukur dari sukses atau tidaknya UKM itu terlihat dari seberapa tinggi angka penjualan produknya. Tentunya untuk bisa mencapai penjualan yang tinggi, kamu perlu melakukan beberapa hal seperti contohnya promosi, memperbanyak kuantitas, lebih meningkatkan kualitas dan lainnya. Tentunya dari sekian banyak yang kamu lakukan tersebut.

Ada satu poin yang tidak boleh kamu lewati karena ini merupakan hal terpenting, yaitu mencatat keuangan. Seberapa tinggi angka penjualan bukan berarti sebesar itu pula keuntungan yang sudah kamu peroleh. Sebab keuntungan baru dapat di lihat ketika kamu sudah membuat perhitungan antara pemasukan dengan jumlah modal, apakah sudah sesuai atau belum. 

Karena kamu harus tahu ketika kamu mempergunakan modal dalam jumlah yang besar, ada kemungkinan perolehan keuntungan bukannya semakin besar tetapi mengecil. Nah oleh sebab itu kamu membutuhkan catatan keuangan supaya arus kas dari usaha UKM tersebut dapat terlihat jelas.

Manfaat mencatat keuangan bagi UKM

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bila melakukan pencatatan keuangan mempunyai banyak manfaat, berikut di bawah ini adalah manfaat yang bisa kamu rasakan ketika memiliki catatan keuangan yang rapi dan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

  • Menjadi perencanaan bisnis

Memiliki catatan finansial merupakan hal penting untuk jalannya sebuah bisnis, tidak hanya bisnis besar tetapi usaha kecil pun juga harus mempunyai catatan keuangan. Hal ini harus kamu lakukan guna memaksimalkan daya sekaligus menjadi salah satu bahan untuk perencanaan keuangan.

Saat membuat catatan keuangan, kamu akan dapat melihat bagaimana alur perkembangan usaha yang kamu kelola tersebut. Karenanya dengan perencanaan tentu bisa memaksimalkan potensi dari usaha yang dimiliki.

  • Bisa mengetahui kondisi keuangan

Adanya laporan keuangan tentu memiliki manfaat guna mengetahui bagaimana kondisi keuangan setiap bulannya. Sebab setiap pebisnis harus mengetahui tentang modal serta jumlah aset yang mereka miliki. Tidak hanya itu saja namun ketika kamu mempunyai catatan keuangan, sebagai pelaku UKM kamu juga dapat mengetahui seberapa besar hutang yang dimiliki.

Artinya aset, aliran modal, hingga hutang, dapat kamu pantau dengan jelas dan secara detail. Kamu bisa bayangkan apabila ketika merintis sebuah usaha tetapi tidak ada catatan keuangan tentu kamu akan sulit mengetahui berapa banyak modal yang kamu miliki, seberapa besar aset yang telah terkumpul serta besaran hutang.

  • Lebih mudah melakukan pengajuan pinjaman

Modal merupakan hal penting ketika kamu memiliki sebuah usaha, karenanya saat kamu sudah mempunyai catatan keuangan akan lebih mudah bagi kamu ketika membutuhkan modal tambahan dan perlu mengajukan pinjaman ke bank.

Sebab kamu harus tahu bila syarat dalam mengajukan pinjaman, yaitu laporan keuangan yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Karena memang pihak bank harus mengetahui bagaimana aliran keuangan dari bisnis yang kamu kelola. 

ukm

  • Memudahkan pelaku UKM dalam perhitungan pajak

Saat bisnis sudah mulai berkembang dan memperoleh pendapatan secara stabil itu artinya usaha kamu telah memenuhi kriteria atau syarat membayar pajak, ini adalah hal yang sifatnya wajib dan tidak bisa dihindari oleh siapapun yang memang mempunyai bisnis, termasuk pelaku UKM.

Lalu peranan catatan keuangan di sini adalah kamu akan lebih mudah melakukan perhitungan pajak. Sebab besaran yang harus dibayarkan adalah sesuai dengan keuntungan atau laba dari usaha tersebut.

  • Lebih mudah memisahkan antara aset pribadi dan bisnis

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dengan adanya catatan keuangan dari bisnis UKM, yaitu kamu bisa lebih mudah untuk memisahkan antara aset pribadi dengan bisnis. Sehingga sudah tidak mungkin kedua hal tersebut akan tercampur.

Sebab ketika aset pribadi dan bisnis ini tercampur tentunya di kemudian hari akan menjadi masalah sendiri dan resikonya tinggi. Karena ada kalanya ketika seseorang merasa memiliki banyak uang di dalam rekeningnya ia tidak dapat menahan rasa untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

  • Untuk evaluasi

Saat kamu memiliki sebuah bisnis tentu sangat penting untuk selalu melakukan evaluasi berkala setiap bulannya. Salah satu hal yang nantinya akan dibutuhkan dalam mengevaluasi sebuah bisnis tentunya adalah laporan keuangan. 

Karena pada dasarnya adanya laporan keuangan merupakan faktor terpenting yang harus diketahui dengan begitu kamu dapat melihat apakah selama ini bisnis yang dijalankan memperoleh laba atau malah merugi.

Selain itu ketika melakukan evaluasi, kamu juga bisa mengetahui kelebihan maupun kekurangan tiap bulannya. Dengan selalu diadakannya evaluasi tentu akan memperbaiki tidak hanya pada kinerja karyawan tetapi juga keuangan yang menjadi semakin sehat dan baik untuk kedepannya.

Demikianlah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh sebagai seorang pelaku UKM ketika selalu atau memiliki catatan keuangan. Karenanya ada baiknya jika saat ini kamu belum melakukan hal tersebut, mulailah mencari tahu bagaimana cara untuk membuat catatan usaha yang baik agar bisnismu menjadi lebih lancar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *