Pentingnya Memiliki Pembukuan Kas Bagi Pebisnis UKM

Hal paling krusial yang sering kali ditemukan pada UMK, yakni masalah keuangan. Tentu penyebab utamanya karena kurangnya kemampuan dari pemilik usaha dalam hal mengelola serta membukukan keuangan, sehingga pendapatan yang mereka peroleh tidak dicatat dengan rapi dan jelas.

Pencatatan sederhana tentunya akan sangat mempengaruhi perkembangan dari usaha yang sedang dilakoni. Melalui pembukuan tersebut, pemilik UMK bisa melihat bagaimana arus keuangan serta perkembangan bisnis. Dimana bila pembukuannya baik pastinya bisa menjadi patokan untuk membuat strategi usaha kedepannya.

Pengertian Dari Dasar Pembukuan

Setiap bisnis itu wajib memiliki pembukuan, karena hal tersebut adalah dasar dari akuntansi. Bila menurut undang-undang, pembukuan merupakan sebuah proses pencatatan dan harus dilakukan dengan teratur guna mengumpulkan data serta informasi terkait keuangan.

Semua informasi tersebut biasanya akan berhubungan dengan kewajiban, modal, harta, biaya dan penghasilan dan jumlah dari harga perolehan juga penyerahan jasa atau barang yang akan ditutup dengan penyusunan laporan keuangan dalam bentuk neraca serta laba rugi per periode tersebut.

Di dalam pola pembukuan ada dua metode yang umum digunakan, yaitu masukan-berpasangan dan masukan-tunggal.

  • Sistem yang pada umumnya digunakan oleh bisnis kecil hingga menengah dengan kapasitas transaksi yang terbilang rendah atau sedang, yaitu sistem masukan-tunggal. Dimana sumber pembukuannya merupakan buku catatan kas primer. Pola ini memiliki sifat hampir sama dengan rekening koran.
  • Sistem masukan-berpasangan, biasanya lebih sering dipakai oleh badan usaha dengan skala yang lebih besar. Dimana biasanya sistem pembukuan ini, mempunyai akun khusus pemasukan dan kredit secara terpisah. 

Pentingnya Pembukuan bagi Bisnis

Sebagai Perencana

Dengan adanya pembukuan, Anda bisa melihat secara jelas dan terperinci tentang biaya operasional serta produksi. Berapa besarannya, apakah terlalu mahal atau tidak dan lain sebagainya. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai apa yang dapat dilakukan selanjutnya dalam pengembangan usaha tersebut.

Menjadi alat penilaian

Membuat pembukuan untuk UMK juga penting sebagai alat penilaian. Karena suatu usaha akan dinilai sukses apabila barang atau produk yang terjual jumlahnya banyak dan tentunya itu terjadi tidak hanya satu atau dua kali. Namun, berkelanjutan dan juga konsisten.

Menjadi alat untuk mengetahui total transaksi

Alasan selanjutnya adalah bisa menjadi alat untuk mengetahui total transaksi yang terjadi tiap hari, minggu, maupun bulan. Dari tiap-tiap usaha tersebut tentunya memiliki transaksi yang memang harus dicatat. 

Dengan adanya pembukuan Anda bisa melihat setiap transaksi yang terjadi pada bisnis secara mendetail. Berapa jumlah yang masuk dan keluar juga bisa terpantai dengan mudah. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan apabila ada yang terlewat bila dibuat dengan cermat, teliti dan juga rapi.

Sebagai pengambil keputusan

Ketika Anda memiliki pembukuan, maka nantinya akan dengan mudah untuk mengambil sebuah keputusan untuk rencana usaha selanjutnya, misal untuk membuka cabang, menambah produk hingga mesin produksi serta hal lain yang memang berkaitan dengan pengembangan usaha. 

Akan dengan mudah mengetahui besaran dari untung dan rugi dari usaha

Selanjutnya adalah pembukuan memiliki peranan penting dalam mengetahui besaran keuntungan juga kerugian pada bisnis yang dijalankan. Dimana data keuangan yang ada pada buku bisa memperlihatkan semua itu. Karenanya, bila saat ini Anda belum memiliki dan membuat pembukuan, sebaiknya mulailah melakukannya.

Mudah untuk menghitung pajak

Semua orang yang memiliki usaha baik kecil, menengah ataupun besar mempunyai sebuah kewajiban yang sama, yaitu membayar pajak. Dalam perhitungan dari jumlah pajak yang dibayarkan pun tidak bisa asal-asalan dan jangan sampai salah hitung.

Apabila sampai salah hitung, tentunya Anda sebagai pemilik usaha akan mendapatkan kerugian. Karena itulah Anda membutuhkan pembukuan usaha, dengan begitu akan lebih mudah menghitung jumlah dari pajak yang harus dibayarkan, sehingga tidak akan ada kesalahan dan kerugian apapun.

Pembukuan berguna untuk mengetahui jumlah aset, modal dan juga hutang

Dengan Anda memiliki pembukuan, maka Anda bisa mengetahui seberapa banyak modal dan aset  hingga hutang yang dimiliki. Jadi, melakukan pembukuan dengan mencatat seluruh arus keluar dan masuknya uang sangatlah penting. Bila catatan ini tidak ada, Anda tidak akan tahu kemana dan apa saja yang telah dicapai.

Mudah untuk mengontrol biaya

Dalam sebuah usaha yang Anda rintis, pembuatan catatan adalah hal yang perlu dilakukan. Setiap biaya masuk maupun keluar harus dicatat secara jelas dan rapi, dengan begitu Anda bisa memantau bagaimana bisnis tersebut berjalan serta perkembangannya. Apakah sudah sesuai dengan tujuan atau tidak.

Dengan adanya catatan tersebut, Anda sebagai pemilik usaha juga akan sangat terbantu dalam hal perhitungan untung rugi yang diperoleh. Bayangkan bila Anda tidak memiliki pembukuan, tentunya akan banyak kesulitan yang dialami. Jadi, mulailah untuk melakukan pembukuan sekecil apapun usaha yang Anda miliki.

Published
Categorized as UKM

Leave a comment

Your email address will not be published.