Menemukan Keunikan Produk: Kunci yang Harus Dipegang supaya Bisnis Tetap Langgeng

Menemukan Keunikan Produk: Kunci yang Harus Dipegang supaya Bisnis Tetap Langgeng

Persaingan bisnis semakin hari semakin ketat, berbagai keunikan dan inovasi coba diperlihatkan oleh para pelaku bisnis, mulai dari skala kecil sampai besar. Baik yang telah berkecimpung lama maupun startup, semuanya seperti berlomba-lomba agar terlihat beda. 

Tidak adanya batasan yang pasti, selama ide tersebut masih mengalir, maka selama itu juga akan ada banyak inovasi dari layanan dan produk. Tidak bisa dipungkiri jika keunikan atau diferensiasi produk merupakan sebuah kunci yang harus dipegang agar bisnis tetap langgeng. 

JIka telah banyak bisnis yang sama, maka suatu hal yang bisa menjadi kunci kesuksesan yaitu jika bisnis Anda berbeda bila dibandingkan dengan berbagai bisnis lainnya. Jika layanan atau produk Anda mempunyai ciri khas, maka sudah pasti para pelanggan bisa sangat mudah mengenali layanan atau produk yang Anda miliki sebab sudah tertanam di benaknya. 

Bisa dibayangkan, jika produk Anda hampir sama seperti layanan atau produk yang telah ada di pasaran dan tidak memiliki ciri khas. Akan banyak pelanggan yang bisa saja tidak bisa membedakan layanan atau produk Anda, bahkan buruknya lagi adalah layanan dan produk Anda tidak bisa dikenali oleh masyarakat luas. 

Nah, di bawah ini kami akan memberikan beberapa cara supaya dapat tampil unik dan bisa memenangkan persaingan bisnis dengan keunikan tersebut. Cara yang satu ini bisa membantu Anda mengetahui letak keunikan yang perlu ditunjukkan dan cara supaya layanan atau produk Anda bisa tampil di antara pesaing. 

Amati kompetitor 

Pesaing atau kompetitor Anda bisa berdampak positif untuk bisnis, jika Anda tahu kelemahan dan kelebihan dari pesaing bisnis Anda, dan tidak lupa untuk belajar dari semua kesalahan yang kompetitor lakukan. Lakukan riset yang bisa memetakan secara keseluruhan, mengenai para kompetitor Anda. Hal yang baik Anda ambil dan yang buruk diperbaiki. 

Pesaing merupakan pemicu supaya Anda mampu mengubah diri bila ingin berhasil dalam persaingan bisnis. Untuk itu, perhatikan dengan benar semua pesaing bisnis Anda, selanjutnya jadikan seluruh kekurangan dan kelebihannya menjadi bahan Anda berintropeksi. 

Jangan lupa untuk memberikan sentuhan baru supaya menjadi karakter dan ciri khas dari layanan atau produk Anda. Jika hal tersebut bisa Anda serap dengan baik, maka bisa berdampak sangat bagus untuk layanan dan produk Anda. 

Menerima kritik dan saran 

Kritik dan saran merupakan suplemen yang bisa menambah energi keberhasilan Anda. Jangan lupa untuk selalu meminta kritik dan saran dari orang–orang terdekat ataupun dari pelanggan serta ambil inti dari semua hal yang mereka sampaikan kepada Anda. 

Tidak ada hal yang sia-sia jika Anda bisa menerima kritik dan saran, mungkin saja dari semua masukan tersebut bisa dijadikan pemicu keberhasilan usaha Anda, maka terdapat banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan. 

Dengan mengetahui berbagai hal yang pelanggan inginkan juga menjadi jalan yang bagus sebab mereka merupakan muara dari seluruh hal yang Anda hasilkan. Pastikan Anda mengakomodir secara baik seluruh kritik dan saran yang mengarah ke bisnis. 

Menemukan Keunikan Produk: Kunci yang Harus Dipegang supaya Bisnis Tetap Langgeng

Membebaskan ide 

Ada saatnya kreativitas dan pikiran Anda terkurung sebab diri sendiri, Anda kerap kali membatasi ide yang lalu lalang, tidak berani mengambil seluruh ide yang muncul sebab beberapa alasan. Entah karena Anda berpikir ide itu susah untuk diwujudkan, tidak masuk akal atau aneh. 

Bebaskan pikiran dan buat mindset jika membebaskan ide merupakan hal yang bagus, membebaskan ide merupakan sebuah kunci untuk menemukan keunikan dari layanan dan produk Anda. Jangan pernah Anda meremehkan kekuatan dari ide sebab banyak hal yang dianggap tidak mungkin di dunia ini dulunya dan sekarang menjadi nyata. 

Terapkan ide 

Sesudah Anda membebaskan ide yang berlalu lalang, sekarang tiba waktunya Anda untuk menerapkan ide tersebut, tiba waktunya Anda mengeksekusi semua ide yang ada di kepala. Bila masih ragu untuk mengimplementasikan ide tersebut, maka coba minta saran ke orang terdekat atau para teman pengusaha yang sudah senior.  

Pelaksanaan ide tentu saja sangat bergantung dengan perencanaan yang matang, saat gagal untuk merencanakan sesuatu, maka sama seperti merencanakan kegagalan. Jika rencana telah disusun dengan matang, maka langsung saja beranikan diri untuk menerapkannya dan jalani dengan penuh keyakinan. 

Berani ambil resiko 

Banyak orang yang berkata bahwa berani untuk sukses berarti berani mengambil segala resiko. Idiom ini memang banyak benarnya. Yang menjadi pembeda antara pengusaha kurang sukses dan pengusaha sukses yaitu keberanian untuk mengambil resiko. 

Bisnis memang tentang mengambil pilihan yang tepat dari seluruh pilihan dengan resiko tinggi. Jika saat berbisnis Anda tidak sanggup mengambil resiko, maka bisa dipastikan jika seluruh hal yang direncanakan akan berakhir sia-sia. 

Demikianlah, ulasan tentang keunikan yang harus dimiliki dari sebuah layanan atau produk supaya bisnis bisa tetap langgeng. Semoga dengan membaca ulasan di atas bisa menambah ilmu baru untuk Anda yang baru mulai membuka bisnis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *