Facebook Sumbang Rp12,5 M Untuk UKM di Indonesia

UKM adalah salah satu program kegiatan perekonomian yang penting bagi kelangsungan hidup masyarakat. Tetapi sayangnya masih banyak sekali yang belum mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan UKM dan apa ciri-ciri juga manfaatnya.

UKM dapat dikatakan sebagai tombak dari perekonomian Indonesia serta mempunyai peranan yang vital dalam bisnis masyarakat pada kelas menengah. Dimana UKM bisa menjadi pilar dalam masalah ekonomi negara, karenanya memang perlu mendapatkan perhatian khusus. Tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga semua masyarakat agar UKM bisa semakin berkembang.

Ciri-ciri dari UKM

Bila mengutip dari buku karya Wijoyo, mengenai ciri-ciri dari UKM maka secara garis besarnya adalah sebagai berikut :

  • Termasuk dalam jenis barang/ komoditi yang mana pada bisnisnya bisa berganti dan tidak tetap.
  • Lokasi usaha selalu berpindah.
  • Sebagian besar tidak mempunyai administrasi yang terorganisir.
  • Kebanyakan SDM yang dipekerjakan belum mempunyai jiwa berwirausaha yang mantap atau mumpuni.
  • Kebanyakan SDMnya memiliki tingkat pendidikan yang masih rendah.
  • Mayoritas UKM belum mempunyai surat izin dalam menjalankan usaha mereka.
  • Mayoritas, para pelaku UKM masih belum mempunyai akses tabungan pada bank konvensional, namun mereka lebih mempercayakannya ke non-bank yang bahkan tidak diketahui apakah legal atau tidak.

Manfaat UKM

Selanjutnya adalah manfaat dari UKM, yakni :

  • Mampu menyediakan banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar dimana UKM tersebut berada.
  • Dapat menjadi tombak pada kenaikan nilai produksi domestik.
  • Dapat menaikan kualitas SDM, terkhususnya bagi para perempuan. Karena seperti yang diketahui banyak wanita yang cukup sulit mendapatkan pekerjaan.
  • Dapat memajukan kualitas perekonomian masyarakat yang berada disekitar tempat UKM tersebut berdiri.
  • Dapat menjadi wadah untuk pelatihan sebelum memulai membuka usaha.
  • Dapat menjadi sarana dalam hal pengembangan berwirausaha pada desa-desa tempat UKM tersebut berada.
  • Dapat membuat para pelaku usaha atau pekerja lebih termotivasi agar bisa semakin berkembang.
  • Dapat memperbaiki dan menaikan kualitas hidup para pelaku UKM.

Sumbangan dari Facebook bagi para pelaku UKM Indonesia

Masih berhubungan dengan UKM, platform media sosial terbesar di dunia yakni Facebook ternyata mempunyai perhatian lebih untuk para pemilik UKM yang ada di Indonesia. Demi membantu UKM di negara ini, mereka menggelontorkan dana sebesar 12,5 miliar rupiah.

Dana tersebut diberikan bagi pelaku UKM yang terdampak Covid-19, selain itu Facebook juga memiliki program pelatihan secara virtual serta memperkenalkan sebuah fitur yang dapat membantu para pelaku UKM mempromosikan bisnis mereka.

Karena mereka sadar banyak para pelaku UKM yang memanfaatkan Facebook dalam hal berjualan. Karena hal tersebutlah, pihak Facebook akan berusaha memberikan dukungan kepada UKM termasuk dalam hal finansial agar para UKM dapat kembali bangkit.

Syarat UKM agar bisa mendapatkan bantuan dari Facebook

Sebenarnya pendaftaran untuk mendapatkan dana bantuan UKM Facebook telah dibuka sejak tahun 2020 yang lalu. Tidak ada syarat khusus yang mengharuskan calon penerima bantuan mempunyai akun Facebook. Namun, pastinya harus memiliki setidaknya 2 hingga 50 pegawai dan usaha tersebut telah berjalan minimal satu tahun serta memang sedang kesulitan karena Covid-19.

Agar dapat mengetahui lebih lanjut tentang apakah UKM yang Anda miliki memenuhi syarat serta informasi terkait pendaftaran. Anda bisa membuka https://www.facebook.com/business/boost/grants, nantinya pihak Facebook akan meninjau, menyeleksi dan mendistribusikan seluruh dana bantuan bagi UKM yang terpilih.

Berhak memperoleh pelatihan gratis

Pihak Facebook juga akan menyelenggarakan rangkaian pelatihan melalui webinar secara gratis guna membantu para pelaku UKM dan membawa usaha mereka pada ranah online serta agar dapat beradaptasi secara cepat. Tidak hanya itu, nantinya pemilik UKM juga dapat bergabung dengan Boost with Facebook, dimana mereka bisa mendapatkan saran dari orang-orang yang ahli dan tentunya dariĀ  sesama pemilik usaha, Anda dapat mengunjungi https://www.facebook.com/business/resource?ref=alias untuk memperoleh fitur, tips juga pelatihan online secara gratis.

Pemilik UKM juga bisa mengakses https://www.facebook.com/business/boost/webinars-online-learning dan mempelajari cara untuk membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat.

Kemendag mengajak Facebook untuk membantu UKM

Dari berita sebelumnya, Kemendag memang mengajak facebook untuk bekerja sama guna membantu para pelaku UKM agar dapat bertahan di tengah pandemi. Melalui kampanyenya yang dilakukan secara virtual bertemakan #TumbuhdiFacebook dan telah berlangsung sejak 2020 lalu, Facebook dan Kemendag akan menyelenggarakan beragam kegiatan diskusi, edukasi dan festival belanja.

Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan, mengharapkan bila kolaborasi ini dapat membuat para pemilik UKM mempunyai wawasan dan keahlian baru agar dapat bertahan dan mendapatkan pangsa pasar lebih luas dari sebelumnya dengan adanya bantuan dari platform sebesar facebook, whatsapp dan juga instagram.

Sebagai awal dari kolaborasi, facebook dan kemendag akan menyelenggarakan sebuah pelatihan secara virtual melalui Akakdemi Instagram guna membantu UKM di Indonesia agar mereka dapat memaksimalkan penggunaan media digital untuk pengembangan usaha.

Published
Categorized as Berita

Leave a comment

Your email address will not be published.