Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal di SMS Maupun WhatsApp

pinjaman online ilegal

Di kondisi yang serba sulit saat ini, tetap ada saja orang-orang yang yang tidak punya perasaan dengan sangat tega mencari keuntungan melalui aksi yang tidak terpuji. Salah satunya lewat pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar secara resmi di OJK singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Di bulan Juli ini, para Satgas Waspada Investasi berhasil menemukan dan bahkan menutup sekitar 172 pinjaman online ilegal yang mengancam masyarakat. Pinjol ilegal tersebut beroperasi melalui digital dan memberi penawaran kepada korbannya lewat pesan SMS atau WhatsApp. Pinjol ilegal memiliki potensi merugikan masyarakat sebab bunga serta tenor pinjaman juga tidak transparan, hingga intimidasi dan ancaman yang diberikan kepada korban saat penagihan.

Terlebih saat ini masyarakat sedang banyak mengalami penurunan secara finansial, seperti yang Anda ketahui sendiri, dimana banyaknya perusahaan yang terpaksa melakukan PHK terhadap para karyawan mereka. Bisnis skala besar hingga skala kecil semua mati kutu, akhirnya mendorong sebagian orang untuk mencari pegangan uang yang mudah diperoleh dan dicairkan dengan cepat. Tapi agar Anda terhindar dari pinjaman online ilegal, disarankan untuk simak ciri-cirinya berikut ini.

1. Sangat Agresif Menawarkan Iklan Promosi

Umumnya pinjaman online ilegal begitu agresif ketika melakukan penawaran lewat WhatsApp, e-mail atau SMS. Sedangkan pinjaman online yang memang sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan justru dilarang mengirimkan bentuk promosi apapun selain ke penggunanya. Pihak OJK menghimbau apabila Anda menerima penawaran pinjaman online melalui SMS dan WhatsApp apalagi secara agresif, itu bisa dipastikan bahwa pinjaman online tersebut ilegal.

2. Tenor Pinjaman Singkat dan Tidak Transparan

Kebanyakan pinjaman online ilegal memberikan tenor singkat dan tidak transparan, biasanya 7 hari sampai 14 hari saja. Umumnya , sesudah melewati batas pinjamannya, pinjaman online ilegal akan mengirim uang dengan otomatis ke nomor rekening Anda.

Setelah Anda melunasi dalam waktu 7 hari, setelahnya masuk lagi dana kredit ke rekening Anda padahal Anda sama sekali tidak mengajukannya, nah inilah yang membahayakan.

3. Syarat Terlalu Mudah

Biasanya pinjaman online ilegal hanya memerlukan KTP kemudian pengajuan sejumlah dana langsung segera di proses. Pinjaman online ilegal tidak melewati konfirmasi dahulu ke pihak nasabah atau peminjam.

Misalkan, apabila Anda diminta mencantumkan kontak lain sebagai panggilan darurat, pinjaman online resmi akan melakukan konfirmasi ke nomor atau kontak sudah Anda cantumkan, sementara pinjaman online ilegal akan langsung mengabaikan sesi tersebut.

4. Bunga Kredit Tinggi

Pinjaman online ilegal tidak mempunyai aturan yang jelas tentang menetapkan bunga kredit mereka. Pinjaman online ilegal pun sangat tidak transparan mengenai bunga kredit yang ada, umumnya bunganya akan muncul sesudah sejumlah dana dicairkan dan bahkan bung kreditnya melebihi batasan yang sudah di tentukan oleh badan Otoritas Jasa Keuangan dan AFPI.

Faktanya, pinjaman online yang resmi hanya diperbolehkan memberi beban bunga sebesar 0,8 % per hari serta menghitungnya dalam 90 hari kedepan. Nah, dari sini Anda bisa melihat perbedaan yang sangat signifikan antara pinjol resmi dan tak resmi.

Definisi Pinjaman Online Ilegal

Poin pertama yang harus Anda ketahui mengenai pinjaman online ilegal yaitu definisinya. Pada dasarnya pinjaman online ilegal atau tak resmi merupakan layanan keuangan dengan menawarkan perkreditan antara kreditur dan debitur dan dilakukan secara online tanpa perizinan dari OJK.

Pinjaman online ilegal tidak mempunyai izin untuk bisa beroperasi dari pihak OJK yang merupakan pengatur keberadaan layanan perkreditan seperti pinjaman online. Tanpa adanya izin dari pihak OJK, sebuah layanan pinjol dapat dipastikan itu adalah ilegal serta sangat berbahaya sebab berpotensi besar melakukan aksi penipuan.

Cara Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Beredarnya komplotan atau oknum-oknum yang mengatasnamakan sebuah lembaga penyedia layanan pinjaman online, pinjol ilegal perlu Anda hindari dengan berbagai macam cara. Simak sejumlah cara tersebut yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari rayuan pinjaman online ilegal, seperti :

  • Sebelum Anda memutuskan menggunakan jasa pinjaman online, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu legalitasnya di lembaga otoritas jasa keuangan serta rekam jejak pinjaman online tersebut.
  • Jangan sampai tergiur oleh pinjaman dengan biaya yang besar sebab umumnya hal termasuk justru menjadi bumerang untuk Anda sendiri ketika akan mengembalikannya.
  • Memeriksa kembali seluruh syarat serta ketentuan yang diberikan oleh pinjaman online tersebut. Jika ada poin-poin yang tidak sesuai serta memiliki potensi menyusahkan di masa akan datang, sebaiknya jangan gunakan pinjaman online seperti ini.
  • Setelah itu untuk memastikan¬† juga bahwa jasa pinjaman online yang Anda pilih tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kita temukan di Google Play Store dan Apple Store.
  • Jangan mudah tergiur oleh iklan yang ada di internet yang begitu mencolok serta menjanjikan pelayanan yang bagus dan pinjaman dengan jumlah ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *