Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Bagi UKM

laporan keuangan

Sebuah laporan mengenai keuangan pada kehidupan sangatlah penting. Tidak hanya dari perusahaan besar, membuat sebuah laporan keuangan pun diharuskan untuk suatu usaha kecil contohnya seperti UKM. Dengan adanya sebuah laporan pada keuangan, maka akan memberikan informasi keuangan yang digunakan serta kebijakan agar uang dapat bertambah.

Akan tetapi masih banyak pemilik usaha kecil maupun UKM pada saat ini masih mengabaikan laporan tersebut yang membuat keuangan tidak dapat dikontrol, uang tersebut habis dimana uang UKM tersebut tidak dapat mengembangkan usahanya lagi serta memiliki kemungkinan terburuk untuk bangkrut.

Faktor yang menyebabkan hal tersebut biasanya pemilik usaha masih belum mengerti cara untuk membuat sebuah laporan keuangan tersebut. Maka dari itu, supaya UKM tadi dapat berjalan lancar ada beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk membuatnya pada ulasan dibawah.

Laporan Keuangan yang Sederhana pada Ilmu Akuntansi

Perlu dimengerti dalam membuat sebuah laporan tentang keuangan akan terkait pada ilmu akuntansi. Maka dari itu, perlu juga untuk sedikit memahami mengenai siklus akuntansi serta beberapa istilah pada ilmu akuntansi tersebut. Walaupun rumit, tidak perlu khawatir. Karena istilah tersebut akan tetapi hal tersebut tidak akan membingungkan apabila digunakan dalam membuat sebuah laporan mengenai keuangan secara sederhana.

Dengan mempelajari mengenai siklus akuntansi membutuhkan waktu yang tidak singkat serta mempelajari prinsip akuntansi dalam mensimulasikan laporan pada keuangan tersebut tanpa mengenai banyak hal dalam akuntansi.  Mulai dari cara yang sederhana seperti pencatatan, pengikhtisaran, penggolongan serta laporan keuangan.

Manfaat Serta Fungsi dari Membuat Laporan Tentang Keuangan UKM

Walaupun hanya membuat laporan yang berbentuk angka, namun memiliki dampak baik dalam kemajuan serta perkembangan dari UKM yang sedang dijalankan. Berikut ini manfaatnya:

  • Mengetahui gambaran mengenai kondisi UKM
  • Memberikan berbagai informasi pada keuangan UKM
  • Menjadi salah satu persyaratan untuk mengajukan sebuah pinjaman maupun investor
  • Menjadi sebuah landasan yang digunakan untuk kebijakan UKM

Selain memiliki beberapa manfaat, laporan keuangan juga memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Historis, merupakan aktifitas mencatat keuangan dengan berdasarkan urutan maupun tanggal transaksi.
  • Analisis, yaitu menentukan jumlah uang, bukti transaksi maupun nama akun
  • Pencatatan, yaitu mencatat keseluruhan dari transaksi
  • Informatif, seperti halnya menunjukan sebuah pendapat, pengeluaran operasional, biaya modal untuk barang, laba kotor dan bersih pada UKM.
  • Catatan, rincian maupun penjelasan pos
  • Instruksi, mengenai debet maupun kredit dengan menyesuaikan catatan

Beberapa Jenis-Jenis Laporan Mengenai Keuangan Berdasarkan SAK ETAP

Pada SAK ETAP 2008 yang telah ditetapkan dari IAI, laporan pada keuangan merupakan sebuah bagian dari banyak proses pelaporan pada keuangan hingga laporan keuangan dengan lengkap dan meliputi:

Laporan Laba Rugi

Laporan laba atau rugi ini memuat suatu laporan mengenai selisih pendapat yang sudah dikurangi oleh berbagai biaya maupun beban lainnya. Laporan mengenai laba/rugi ini dapat diterapkan dalam mengambil sebuah kebijakan maupun dijadikan dasar ukuran seperti halnya dalam mengukur tingkat pengembalian pada investasi maupun laba setiap saham.

Neraca

Melalui prinsipnya, neraca keuangan berguna dalam mengetahui posisi mengenai keuangan perusahaan maupun usaha pada saat periode tertentu. Neraca sendiri adalah salah satu bagian dari laporan pada keuangan yang dapat dibuat pada satu tahun dalam sekali. Neraca diperlukan dalam mengetahui nilai dari perusahaan yang telah menjalankan berbagai aktivitas dimana memiliki hubungan pada keuangan.

Neraca mempunyai berbagai unsur yang terbagi pada 3 hal yaitu, harta, modal, serta kewajiban. Harta sendiri adalah seluruh kekayaan milik UKM dan terdiri atas harta lancar, tetap dan harta tidak berwujud. Untuk kewajiban sendiri berupa utang lancar maupun jangka panjang. Modal yaitu selisih dari harta dan kewajiban, yaitu jumlah harta yang telah dikurangi oleh utang.

Laporan Arus Kas

Memuat seluruh informasi yang memiliki kaitan pada kas masuk maupun keluar pada periode yang telah diterapkan. Maka dari itu memiliki hubungan pada waktu pencatatan dan laporan mengenai arus kas berlaku untuk dijadikan sebagai persyaratan secara informasi pada perubahan historis pada kas.

Laporan Perubahan Ekuitas

Ekuitas pada ilmu akuntansi dapat juga diartikan sebagai kekayaan entitas atau juga modal. Entitas tersebut dapat berupa perusahaan maupun UKM. Ekuitas diperoleh melalui selisih jumlah aset yang telah dikurangi oleh kewajiban. Laporan mengenai perubahan pada ekuitas merupakan suatu laporan mengenai segala perubahan dari ekuitas dalam suatu periode.

Catatan mengenai Laporan Keuangan

Buku catatan mengenai laporan pada keuangan diperlukan untuk menjadi wadah mencatat suatu informasi tambahan melalui laporan keuangan. Penjelasan pada catatan tersebut dapat bersifat naratif maupun rincian jumlah maupun informasi lain.

Apabila telah memahami informasi di atas, maka dapat membuat suatu laporan pada keuangan dengan sederhana yang berguna untuk UKM. Caranya dengan membuat sebuah laporan keuangan yang tersusun dari neraca, laba rugi hingga arus kas.

Kunjungi: Senyumku.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *