Berbagai Jenis Promosi Digital yang Bisa Dilakukan Oleh UKM

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Sekarang ini, sebagian besar bisnis, termasuk bisnis kecil dan bisnis besar, melakukan pemasaran melalui digital. Alasannya, strategi pemasaran digital jauh lebih murah jika dibandingkan pemasaran melalui media cetak, radio, atau televisi. Oleh karena itu, pemasaran digital  sangat memungkinkan bagi pengusaha kecil. Selain itu, ada banyak jenis pemasaran digital yang mudah dipantau. Di sisi lain, banyaknya jenis digital marketing dan berbagai istilah yang dikandungnya dapat membuat bingung para pebisnis ketika memutuskan jenis strategi mana yang tepat dan sejalan dengan tujuan mau dicapai dalam bisnis tersebut. Untuk menghindari kebingungan, berikut adalah beberapa jenis pemasaran digital  untuk dicoba dalam bisnis UKM Anda. 

1. Pemasaran konten 

Pemasaran konten memiliki fokus pada proses pembuatan konten dan mendistribusikannya ke pelanggan target perusahaan Anda. Jenis pemasaran ini berfokus pada pembuatan konten yang konsisten, berharga, relevan, dan menarik. Anda dapat lebih mudah menarik pelanggan dengan membuat konten yang diminati oleh pemirsa Anda. Saat ini, rata-rata perusahaan menerapkan pemasaran konten melalui blog, video, podcast, ebook, dan banyak lagi.

2. Pemasaran pesan instan 

Saat ini, hampir semua orang terhubung dengan aplikasi pesan instan seperti Whatsapp, LINE dan Facebook Messenger. Berdasarkan Kominfo, pengguna WhatsApp di Indonesia hingga 171 juta pada 2019. Jika Anda ingin menjangkau target pasar Anda secara lebih pribadi daripada, pemasaran pesan instan adalah pilihan dan memasarkan dan menjual produk atau layanan Anda secara online. Alasannya adalah karena orang akan mudah mempercayai informasi yang didapat melalui aplikasi obrolan daripada SMS atau email. 

 3. Pemasaran media sosial 

Salah satu jenis pemasaran digital yang dipakai oleh hampir setiap perusahaan adalah pemasaran media sosial. Melalui media sosial, Anda dapat menarik pembeli, sehingga kesadaran masyarakat terhadap merek bisnis Anda dapat meningkat, dan bahkan membangun relasi dengan mereka. Hari ini Anda dapat memilih dari banyak aplikasi media sosial termasuk Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya. Anda harus memilih platform media sosial yang paling tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, jika bisnis Anda berfokus pada visual contohnya toko pakaian, Instagram mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk bisnis Anda. Jika bidang keahlian bisnis Anda adalah B2B, LinkedIn adalah platform yang sempurna untuk Anda. Pemasaran media sosial juga tidak membutuhkan anggaran yang besar. Bahkan, Anda dapat melakukannya secara gratis.

4. Pemasaran afiliasi 

Jika tujuan Anda adalah untuk memberitahu banyak orang tentang bisnis Anda, Anda dapat menggunakan strategi pemasaran yang satu ini. Pemasaran afiliasi adalah tentang bekerja dengan seseorang, seperti influencer atau perusahaan, untuk mempromosikan bisnis Anda. Kolaborasi dapat mengambil banyak bentuk melalui konten media sosial, konten blog, kode diskon dan banyak lagi. Untuk jenis pemasaran digital  ini, bekerja dengan orang ini tentu membutuhkan anggaran. 

5. Email Pemasaran 

Email marketing biasanya digunakan untuk direct marketing, seperti mengirimkan informasi, update, penawaran, promosi, dan lain sebagainya. Namun, Anda juga dapat menggunakan pemasaran email dalam berinteraksi dengan pelanggan Anda. Pelanggan Anda mungkin akan menerima email setiap hari. Oleh karena itu, dalam pemasaran email, Anda perlu menerapkan beberapa strategi untuk mencegah email  dibaca dan dikirim ke folder spam. Temukan waktu yang tepat jika ingin mengirim email dan selalu perbarui milis bisnis Anda. 

6. Penagihan klik (PPC) 

Bayar per klik adalah model iklan untuk platform pencari seperti Google. Sebenarnya, model ini dipakai untuk memungkinkan situs web penjualan online muncul di bagian atas  hasil platform pencari dengan biaya tertentu. Oleh karena itu, Anda akan ditagih setiap kali situs toko online diklik. Biaya tergantung pada kualitas web penjualan online Anda dan kata kunci yang Anda pilih. Strategi PPC ini adalah solusi jangka pendek dalam memasarkan bisnis Anda dan cara yang paling tepat untuk berjualan online untuk menawarkan promosi tertentu.

7. Optimisasi mesin pencari (SEO) 

SEO dilakukan dalam mengoptimalkan website toko online agar bisa menduduki peringkat tinggi di hasil mesin pencari. Perbedaannya dengan PPC? Jika PPC  berbayar, SEO bersifat organik dan gratis. Beberapa orang lalai membuka halaman saat mencari sesuatu di platform pencari. Oleh sebab itu, SEO penting untuk memudahkan calon pembeli menemukan situs web penjualan online dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Perbedaannya dengan PPC, SEO bersifat jangka panjang. Jika tidak ingin pusing, Anda dapat memakai jasa pembuatan toko online untuk lebih mengoptimalkan website toko online Anda.

Demikianlah berbagai jenis promosi digital yang bisa dilakukan oleh UKM. Semoga dengan ini Anda dapat melakukan promosi digital sehingga usaha Anda dapat berjalan dengan maksimal. 

Published
Categorized as UKM

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *