Bangun Bisnis Sepatu Lokal, Ini yang Harus Dipersiapkan

Tidak hanya digunakan untuk melindungi kaki sepatu saat ini juga sudah menjadi sebuah produk fashion tersendiri. Di mana banyak sekali orang yang tidak segan untuk membeli sepatu sekalipun harganya mahal.

Kebanyakan dari mereka melakukan hal tersebut hanya demi memperlihatkan bahwa mereka mampu membeli sepatu dari brand terkenal. Tetapi kebanyakan merk tersebut memang asalnya tidak dari negeri sendiri tetapi luar negeri dan tentunya banyak orang yang menganggap ketik sebagai satu hal yang prestise.

Tips Membuat Bisnis Sepatu yang Sesuai Tren

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang memiliki brand sepatu lokal? Kamu jangan khawatir karena zaman ini sepatu lokal juga memiliki banyak penggemarnya karena pada kenyataannya persepsi masyarakat mengenai bisnis sepatu buatan lokal sedang tinggi-tingginya.

Bahkan saat ini para pembuat atau produsen sepatu lokal sedang sangat gencar memproduksi sepatu yang mempunyai kualitas serta desain terbaik agar tidak kalah saing dengan merek luar negeri. Apakah kamu memiliki minat untuk juga berbisnis pada bidang sepatu lokal?

Berikut dibawah ini adalah cara yang bisa kamu terapkan sebelum memulai bisnis sepatu lokal, yaitu :

Gunakan strategi pemasaran yang tepat

Dalam membangun sebuah bisnis, kamu memerlukan strategi pemasaran yang tepat supaya bisnis yang kamu jalankan dapat berkembang dan sesuai dengan harapan. Dibawah ini adalah strategi yang tepat untuk usaha sepatu lokal milikmu dapat menyesuaikan tren:

  • Cari tahu tren yang sedang disukai dan target konsumen

Hal utama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu tren apa yang saat ini sedang disukai oleh target konsumen, misalnya seperti model sepatu, bahan yang mereka sukai, corak, warna dan lain sebagainya. 

Contohnya ketika target konsumen merupakan remaja hingga dewasa yang memiliki umur antara 16 sampai dengan 25 tahun, di mana pada usia tersebut biasanya mereka cenderung lebih menyukai sepatu yang tidak terlalu mewah, namun tetap terlihat simple dan kasual.

  • Promosikan produk dengan cara yang menarik

Strategi pemasaran untuk produk yang kamu ciptakan jugalah harus sesuai dengan target konsumen. Misalnya target konsumen adalah remaja hingga dewasa di awal usia 20-an maka ketika kamu ingin menggunakan jasa seorang influencer. 

Pilihlah seseorang yang memiliki usia pada rentang tersebut jangan terlalu muda jangan juga terlalu tua, karena tentunya tidak akan sesuai dengan produk yang nantinya akan dipasarkan. Jadi, dalam pemilihan model tetap harus diperhatikan.

  • Pastikan pelayanannya dapat menjangkau banyak lokasi

Selanjutnya adalah mengenai pelayanan, karena zaman ini sudah canggih tentunya kamu bisa menjual produk tersebut melalui marketplace. Dengan cara demikian diharapkan bisa lebih mudah memasarkannya ke banyak daerah yang ada di Indonesia. Kemudian kamu juga harus memastikan bila jasa ekspedisi yang dipergunakan mampu menjangkau area-area yang jaraknya terbilang jauh ataupun pelosok.

  • Tentukanlah anggaran yang sesuai

Terakhir adalah dengan memperhitungkan anggaran, tentunya kamu sadar bahwa ketika ingin membuka sebuah bisnis yang berhubungan dengan sepatu tentunya model yang dimiliki tidaklah kecil. Karena itu perlu bagi kamu untuk bisa mendapatkan investor atau pihak ketiga yang bisa memberikan modal supaya usaha sepatu lokal milikmu dapat berjalan sesuai rencana.

Jangan lengah dan malas

Tidak hanya tentang bagaimana strategi marketing/ pemasaran saja yang harus diperhatikan. Namun, kamu juga harus menjadi orang yang rajin dan tidak melulu menghayalkan perihal kesuksesan padahal tidak melakukan apapun dan hanya tidur-tiduran. Apabila ingin meraih sukses, tentu dibutuhkan action yang jelas, serta konsisten dalam menerapkan hal-hal yang memang dibutuhkan agar bisa sukses.

Selain menerapkan strategi pemasaran, tentu pada tahap awal kamu perlu melakukan beberapa riset mandiri, hal ini harus dilakukan supaya usaha sepatu yang ingin kamu jalani bisa berjalan lancar. Survei bisa dimulai dengan mencari tahu sepatu model apa yang saat ini sedang tren, pemilihan bahan yang nyaman, harganya dan masih banyak lagi.

Cara seperti ini tentunya ampuh, karena kamu selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada di tiap zaman, ini merupakan cara terbaik bagi bisnis apapun supaya bisa tetap bertahan. Apalagi persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat. 

Berinovasilah, ikuti tren agar pasar tidak bosan

Supaya bisnis sepatu yang kamu jalankan tidak berhenti atau bangkrut maka yang harus dilakukan adalah selalu berinovasi serta mengikuti trend yang berkembang baik di Indonesia maupun luar negeri. Untuk ide-idenya mungkin kamu dapat menggabungkan desain dari produk yang sudah ada dan yang menjadi ciri khas dari produk kamu selama ini.

Karena ciri khas yang terdapat pada produk buatanmu tentunya akan lebih memudahkan para pelanggan mengenali bahwa sepatu tersebut merupakan buatanmu atau brand milikmu, dengan begitu para target pasar menjadi lebih mudah untuk menerima sepatu buatanmu.

Oleh sebab itu ada baiknya kamu melakukan riset serta mempelajari bagaimana brand sepatu baik lokal maupun impor meningkatkan serta mempertahankan produk yang sudah mereka miliki. Selain itu ada baiknya kamu membangun branding yang kuat agar dapat melakukan serta menyelesaikan segala hal yang akan terjadi dimasa mendatang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *