Apa Kunci UKM Bisa Sukses?

Menjalankan sebuah bisnis kecil seperti UKM memang memiliki tantangannya tersendiri. Terlebih sekarang sudah banyak usaha yang dapat berkembang pesat karena adanya teknologi. Hal ini sebenarnya juga membuat persaingan menjadi lebih ketat lagi, para pelaku UKM dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif.

Tidak hanya pada produk/ jasanya, tetapi juga cara menjalankannya. Agar nantinya dapat terus dan mampu bersaing di pasaran serta memperoleh konsumen yang potensial. Karena itu berikut adalah kunci sukses bagi UKM yang harus diketahui.

Tetapkanlah tujuan dibangunnya bisnis UKM

Dalam menjalankan bisni kecil atau UKM nyatanya langkah pembuka (awal) adalah satu hal yang penting supaya bisnis bisa berkembang. Salah satunya, yaitu menetapkan tujuan awal mengapa Anda memilih bisnis tersebut.

Dengan mengetahui apa tujuan didirikannya bisnis tersebut, Anda dapat mengetahui siapa yang nantinya akan menjadi sasaran pasar dari produk yang nantinya ditawarkan. Selain itu, tujuan bisnis bisa membantu Anda dalam menetapkan rencana bisnis dan mengetahui saingan Anda.

Harus mempunyai sifat leadership yang mumpuni

Karena kebanyakan UKM dijalankan sendiri, Anda harus mengetahui apakah jiwa kepemimpinan yang paling menonjol di dalam diri. Karena banyak sekali yang menjalankan usaha dengan mengedepankan etos kerja, namun akhirnya gulung tikar dikarenakan tidak memiliki jiwa kepemimpinan.

Hal ini sangatlah penting supaya Anda bisa mengetahui bagaimana caranya untuk berbicara yang baik saat berhadapan dengan konsumen atau klien hingga partner, dalam menetapkan tujuan atau target bisnis, serta memiliki bakat dalam menarik minat konsumen.

Harus memiliki solusi pada tiap masalah

Walaupun Anda baru merintis UKM, Anda dituntut untuk berpikir cepat ketika menghadapi masalah apapun yang berhubungan dengan produk atau review konsumen. Karena pada nyatanya kekuatan dari membangun sebuah solusi adalah hal yang penting.

Termasuk dalam hal menjalankan sistem manajemen serta manajemen produk usaha. Dimana kedua sistem tersebut harus dijalankan dengan sebuah strategi yang tepat dan kuat agar dapat memenuhi keinginan konsumen ketika mereka mengalami kesulitan.

Rancang strategi pemasaran 

Terakhir supaya UKM yang dimiliki dapat terus berkembang dan semakin besar adalah dengan merencanakan strategi pemasaran secara tepat. Masukkan target konsumen yang diinginkan, contohnya usia target, gender, wilayah pemasaran, survei rival (saingan) pada produk/ bidang yang sama, hingga metode pemasarannya.

Dengan Anda menargetkan hal-hal tersebut, maka Anda sudah mempunyai skala prioritas di dalam bisnis yang dirintis. Dimana nantinya Anda dapat memprediksi segala hal, misalnya keuntungan diperoleh, cara mendapatkannya, resiko terbesar hingga cara menghindari masalah yang mungkin akan terjadi.

Pikirkan inovasi

Di zaman sekarang, hampir semua bisnis mengalami perkembangan yang cepat. Hal ini disebabkan oleh inovasi yang dilakukan dengan ketepatan dan penuh pertimbangan. Anda sebagai pelaku UKM juga harus memulainya supaya usaha yang dijalankan bisa menjadi lebih besar.

Pada dasarnya inovasi adalah cara untuk menemukan hal baru atau mengembangkan suatu hal yang sudah Anda menjadi berbeda. Namun, harus memikirkan apakah bisa menarik minat calon konsumen atau tidak.

Mintalah bantuan dari ahlinya

Ada banyak orang yang beranggapan jika UKM harus dijalankan secara mandiri dan tidak memerlukan bantuan dari tenaga ahli. Nyatanya ini adalah pemikiran yang salah, sebab apabila Anda hanya mengandalkan diri sendiri, bisnis tersebut akan lebih sulit untuk maju.

Jadi, tidak ada salahnya bila di awal Anda merekrut beberapa orang yang memang ahli dibidang tersebut. Memang nantinya dana yang dikeluarkan menjadi lebih besar, namun ini akan sepadan jika bisnis Anda pada akhirnya menjadi berkembang secara maksimal.

Jangan takut untuk berinvestasi

Melakukan perhitungan dan prediksi terkait keuntungan tentu merupakan hal yang penting guna merintis sebuah bisnis. Tetapi bila Anda ingin lebih maju, jangan terlalu buru-buru dalam menikmati tiap keuntungan yang diperoleh.

Anggap keuntungan Anda tersebut sebagai investasi, dengan begitu maka bisnis tersebut akan mampu berkembang secara perlahan. Investasi yang akan dilakukan, tidak harus sesuai dengan jenis produk/ jasa. Namun, bisa dengan cara membayar satu sesi training bagi karyawan supaya mereka bisa lebih ahli dan lainnya.

Jalinlah kerjasama

Penting bagi seorang pengusaha apapun bisnisnya untuk bekerja sama dengan beberapa pihak guna mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Lagipula memang pada dasarnya Anda tidak bisa sendirian dalam menjalankan sebuah bisnis.

Selain itu dengan bekerja sama, akan membantu Anda menjadi lebih banyak belajar. Sebab ketika menjalin sebuah kerja sama, maka akan ada banyak tuntutan yang harus Anda penuhi supaya partner Anda merasa puas.

Demikianlah informasi tentang cara atau kunci agar bisnis UKM yang sedang Anda rintis bisa meraih kesuksesan. Dimana bila Anda berhasil menjalankan setiap poin-pin diatas, bisa dipastikan apabila bisnis Anda tersebut akan semakin besar. Bahkan jika Anda sadar, banyak sekali bisnis-bisnis besar yang awalnya merupakan usaha kecil. Jadi, jangan patah semangat dan menyerah begitu saja.

Published
Categorized as Tips

Leave a comment

Your email address will not be published.