Pentingnya Branding Bagi Usaha Kecil Menengah

branding

Pandemi yang berkepanjangan ini memang meluluhlantakkan semua sektor ekonomi dunia termasuk Indonesia. Perlambatan pergerakan ekonomi ini sangat berimbas pada semua usaha termasuk Usaha Kecil Menengah. Banyak sekali Usaha Kecil Menengah yang harus tumbang dan gulung tikar karena tidak mampu mempertahankan keberlangsungan usaha mereka. Hal itu terjadi karena melemahnya daya beli masyarakat dan juga pembatasan pergerakan dari masyarakat.

Hanya yang bisa berusaha terus berkembang mengikuti perkembangan jaman lah yang mampu menyiasati dan terus bertahan di masa pandemi ini.  Dengan munculnya era industri 4.0 dan disusul oleh pandemi yang berkepanjangan ini membuat perubahan besar-besaran pada sistem penjualan. Era digitalisasi membuat hampir semua pola penjualan secara tradisional kini mulai beralih ke digital dan online. Hal ini sebenarnya membawa dampak baik karena cakupan untuk penjualan jadi sangat luas bahkan bisa mencakup sampai taraf internasional. Tapi hal tersebut juga membawa konsekuensi dengan semakin beratnya persaingan pasar yang lebih bebas. Disini diperlukan strategi yang sangat kuat untuk bisa ikut bersaing di dalam pasar yang sangat ketat. Salah satu strategi yang bisa dipakai oleh Usaha Kecil Menengah adalah dengan branding.

Apa itu Branding? Dan kenapa dia bisa menjadi salah satu strategi terbaik dalam menghadapi persaingan di pasar bebas? Pada dasarnya branding adalah identitas yang kita pakai untuk memperkenalkan usaha kita kepada khalayak luas untuk meraih kepercayaan sehingga mereka bisa dengan puas membeli produk yang kita tawarkan. Identitas inilah yang akan membuat usaha kita menjadi berbeda dan juga dikenal oleh para khalayak dan juga menjadi daya tarik yang bisa mengundang konsumen untuk datang dan membeli produk yang kita tawarkan. Dengan adanya brand, kita akan jauh lebih mudah dalam menawarkan produk di tengah persaingan yang sangat kuat di produk yang sama. Lalu, seberapa penting sih brand bagi usaha kecil dan menengah? Mari kita simak pentingnya branding bagi usaha kecil menengah. 

Pentingnya Branding Bagi Usaha Kecil Menengah

  • Supaya lebih dikenal oleh khalayak

Layaknya nama untuk seseorang, brand adalah identitas untuk usaha yang kita jalankan. Dengan brand kita memperkenalkan usaha kita kepada khalayak, dan brand lah yang akan membuat usaha kita semakin dikenal. Karena begitu banyaknya pesaing yang menjual barang atau jasa yang sama, akan sangat sulit untuk dikenali atau pun diingat bila apa yang kita tawarkan tidak mempunyai identitas. Disinilah peran brand sangat penting agar produk yang kita tawarkan bisa dikenal bahkan bisa masuk dalam ingatan seseorang.

  • Membangun kepercayaan

Dengan adanya brand yang kuat pada produk yang kita tawarkan, akan membuat nilai jual dan tingkat kepercayaan konsumen akan lebih tinggi dibanding dengan produk yang tidak memiliki brand. Semakin baik brand yang anda bangun akan semakin besar juga kepercayaan dari konsumen. Tapi hal itu harus dibarengi juga dengan baiknya kualitas pelayanan sehingga brand yang anda bangun bisa menancap dengan baik di ingatan para konsumen sehingga membawa mereka untuk kembali membeli produk yang kita tawarkan.

  • Tampil berbeda

Dengan adanya brand, produk yang kita tawarkan bisa tampil berbeda dibanding dengan kompetitornya. Disini peran brand jadi sangat vital karena harus membuat produk yang kita tawarkan bisa tampil berbeda tetapi tetap menarik untuk bisa menarik perhatian yang lebih baik dibandingkan produk kompetitor.

  • Memudahkan penjualan

Dengan membangun sebuah brand di awal dan bisa mendapat kepercayaan serta penilaian yang baik oleh para pelanggan, kedepannya kita akan lebih mudah untuk menjual produk karena citra baik dari brand yang kita bangun. 

  • Melahirkan konsumen loyal

Dengan brand yang baik dan terpercaya, perlahan akan melahirkan konsumen-konsumen yang loyal bahkan militan pada produk yang kita tawarkan. Terlebih lagi bila kita mampu menghadirkan pelayanan terbaik dan kualitas yang prima di setiap waktu. Konsumen adalah salah satu asset penting dalam keberlangsungan usaha yang kita jalankan. Ketika brand sukses menancap kuat dan disertai layanan terbaik akan membawa konsumen loyal yang akan terus menyokong usaha kita bahkan bisa secara tidak langsung mereka menjadi marketing untuk produk kita tanpa mereka sadari.

  • Menambah daya saing

Dengan brand yang baik dan kuat, usaha kecil menengah bisa mendapatkan tambahan daya saing dalam persaingan pasar bebas yang semakin kompetitif di era digital ini. Menjadi dikenal dan juga dengan tambahan penilaian yang baik jelas akan membawa konsumen-konsumen baru yang akan terus berdatangan untuk membeli produk yang kita tawarkan. 

Itulah pentingnya branding bagi usaha kecil menengah. Bangunlah brand yang kuat agar mampu bertahan di masa pandemi ini dan juga terus bisa bersaing dalam pasar bebas yang semakin kompetitif.

Leave a comment

Your email address will not be published.