Keuntungan Bisnis UKM Menggunakan Metode Pembayaran QRIS

Di era digital ini seluruh metode transaksi semakin mudah, sekarang hadir layanan pembayaran yang hanya menunjukkan kode QR saja. Quick Response Code Indonesia Standar atau biasa dikenal dengan QRIS ini mempertemukan segala jenis dari para penyelenggara jasa sistem transaksi yang memakai kode QR. 

Kabid Program dan Aplikasi Informatika TIK Bangka Belitung yaitu Firman Surya mengungkapkan di sesi acara Webinar Literasi Digital Nasional 2021 di Kota Cirebon, Jawa Barat pada Senin (14/6/21), Industri sistem pembayaran dan Bank Indonesia ini akan mengembangkan QRIS supaya kegiatan transaksi menggunakan kode QR ini bisa lebih cepat, mudah, dan juga terjaga keamanannya. 

“Saat ini seluruh yang akan melakukan transaksi memakai QR harus atau wajib menggunakan QRIS. Hadirnya QRIS ini, semua transaksi dari pihak penyelenggara layanan digital, mulai dari Bank maupun non-Bank yang dipakai oleh seluruh masyarakat bisa digunakan juga di semua toko, warung, parkir, pedagang dan wisata donasi yang memiliki logo QRIS,” ungkapnya. 

Sebelum adanya QRIS ini, kita semua mungkin saja pernah melihat di kasir cafe atau restaurant terdapat banyak transaksi dari penyedia jasa dompet digital. Hadirnya QRIS ini berfungsi untuk menyatukan mereka semua, seperti ShopeePay, Dana, dan Gopay. Hanya dengan QRIS transaksi dengan memakai aplikasi dompet digital apa saja bisa dilakukan. Apalagi jika memakai aplikasi mobile banking seperti BCA dan Bank Mandiri yang sudah dapat melakukan transaksi hanya dengan scan QRIS. 

Firman mengatakan, manfaat QRIS bagi pemilik bisnis sangat besar. Mereka yang masih konvensional bisa melangkah lebih jauh dengan metode pembayaran  digital ini. Lebih nyaman, karena transaksi tanpa alat hanyalah kode yang dilampirkan ke tag. Stiker dapat ditempatkan di kaca toko atau stand penjualan Anda dan bahkan di keranjang belanja. 

“Kita dapat meningkatkan branding perusahaan yang kita tempati. Kami akan lebih percaya diri jika kami dapat memberitahu pelanggan bahwa toko saya sekarang dapat membayar dengan QRIS tanpa harus membawa uang tunai, ”katanya.

Manfaat lain dari QRIS adalah dapat menekan biaya cash management dengan menyediakan laporan keuangan yang  tertata rapi di aplikasi apapun. Potensi peningkatan penjualan juga dapat dimanfaatkan dengan menjangkau pasar online dan offline. 

Peredaran uang palsu pun menjadi hal yang menakutkan untuk para pedagang sejak lama. Terutama bagi para pedagang kecil. Pernahkah Anda memikirkan mengapa uang palsu  beredar dan mengapa memakan begitu banyak korban? 

 Penyebabnya yaitu karena adanya transaksi tunai. Di sinilah pedagang uang palsu memiliki peluang besar untuk mengecoh pedagang  uang palsu untuk mendapatkan keuntungan. 

 Ketika pedagang melakukan pembayaran menggunakan QRIS, kemungkinan tertangkap dengan uang palsu  sangat kecil. Sebenarnya, tidak ada cara untuk melakukannya. Alasannya adalah pembayaran dilakukan secara digital dan uang yang masuk ke merchant secara otomatis dipotong dari  saldo pembeli.

Kami tetap dapat mempunyai toko konvensional atau  fisik tetapi menggunakan QRIS menjadi salah satu pilihan alat pembayaran. Kita bisa memperluas, kita juga bisa melakukannya sebagai toko online. Pelanggan dapat berbelanja online dan membayar dengan QRIS. Pemalsuan uang dijamin dapat dicegah dalam transaksi jual beli cashless. Media QRIS tidak hanya stiker, tetapi juga pada smartphone yang sudah mendukung atau dapat menghasilkan kode QR.

Firman juga memberitahu bagaimana cara membuat akun QRIS. Aplikasi pedagang seringkali berbeda dari aplikasi yang dipakai pelanggan untuk  transaksi digital. Terdapat sejumlah Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS yang menggabungkan kedua layanan tersebut. Meskipun ada beberapa PJSP, keduanya menggabungkan dua fungsi lainnya dalam satu aplikasi. 

Misalnya, aplikasi Dana sehingga pengecer dapat menggunakan layanan QRIS untuk penjualan. Dengan uang tersebut, distributor dapat mendaftar sebagai distributor menggunakan smartphone tanpa harus ke kantor PJSP. 

Salah satu kemudahannya adalah Anda hanya membutuhkan smartphone, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya dari Playstore atau Appstore. Kemudian mendaftar apa saja aplikasinya, isi detail yang diperlukan, lalu pakailah menjadi salah satu metode penerima.

Webinar yang dilaksanakan pada Senin (14 Juni 2021) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Cyber Creativity di kota Cirebon, wilayah Jawa Barat ini juga  mendatangkan pembicara yaitu Muhammad Sahid (dosen dari UIN Alaudin Makassar), I Gede Putu Krisna (Presiden Relawan ICT Bali), Amalia Chairi (Relawan ICT Medan) dan Yohana, Key Opinion Leader (KOL). 

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – Menjadikan Indonesia Lebih Digital Capable adalah sebuah rangkaian panjang aktivitas webinar yang ada di  Indonesia. Aktivitas tersebut ditujukan untuk 10.000.000 orang yang melek digital di tahun 2021 dan 50 juta orang yang melek digital di tahun 2024. 

Aktivitas ini adalah salah satu bagian dari Program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Diantaranya adalah Budaya Media Digital (Digital Culture), Media Aman  (Digital Safety), Etika Media Digital (Digital Ethics), dan  Digital Media Skills (Digital Skills) untuk menjadikan masyarakat Indonesia lebih berkemampuan digital

Published
Categorized as UKM

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *