Apa Itu Kampus UMKM Shopee dan Manfaatnya Bagi Pebisnis Kecil

kampus ukm shopee

Bergesernya kebiasaan masyarakat kita dalam memenuhi kebutuhan primer dan sekunder telah membuat bisnis online meningkat akhir-akhir ini. Sekarang para pelaku UMKM satu persatu mulai beralih ke platform marketplace yang dinilai lebih menguntungkan karena mudah menjangkau pelanggan tanpa batasan waktu dan tempat.

Salah satu marketplace yang paling banyak digunakan saat ini adalah Shopee yang berusaha semaksimal mungkin mendorong lebih banyak pelaku UMKM beralih ke ranah digital. Demi mewujudkan program tersebut, Shopee mendirikan kampus UMKM di beberapa kota besar Indonesia dengan harapan bisa menjadi one stop solution bagi UMKM lokal yang ingin masuk ke dunia bisnis digital. Melalui kampus Shopee, UMKM dapat belajar mengembangkan bisnis, menerima pendampingan, serta menggunakan fasilitas dan layanan penunjang yang ada di kampus tersebut.

Kampus UMKM Shopee Siap Bawa UMKM Indonesia Naik Kelas

Menurut pernyataan Radynal Nataprawira selaku Head of Public Affairs Shopee Indonesia, perusahaan marketplace ini sangat serius dalam menyiapkan kampus tersebut untuk membuat UMKM naik kelas. Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyiapkan program untuk UMKM melakukan ekspor produk ke luar negeri.

Adapun fokus utama dari Kampus UMKM Shopee adalah untuk memberikan pelatihan dan edukasi, bantuan operasional dan pendaftaran, ruang pertemuan dan pelatihan, serta fasilitas penunjang pemasaran. Sebagai informasi, trainer Shopee akan memberikan penjelasan terkait insight bisnis yang bisa membantu pelaku UMKM meningkatkan performa bisnisnya.

Berkaitan dengan target, Radynal mengatakan bahwa Shopee menargetkan 100 ribu UMKM di jawa barat untuk bisa masuk ke pasar ekspor pada 2022. Hingga Februari 2021 lalu, Program Shopee Ekspor sendiri sudah diikuti oleh 1,5 juta produk meliputi negara Amerika Selatan seperti Meksiko dan Brazil, Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Dalam kurun waktu setengah tahun, jumlah transaksi ekspor Shopee telah mengalami peningkatan hingga 6 kali lipat.

Tidak ada kriteria khusus yang ditetapkan untuk pelaku UMKM yang ingin memasarkan produk hingga ke luar negeri. Pihak Kampus Shopee akan memberikan kesempatan yang sama bagi penjual yang terdaftar sebagai mitranya.

Saat ini lokasi Kampus UMKM Shopee baru ada di dua kota, yakni Solo, Bandung, dan Semarang. Setiap lokasi kampus telah dilengkapi dengan fasilitas dan layanan lengkap yang gratis digunakan. Fasilitas dan layanan tersebut nantinya akan digunakan untuk mengakomodasi pengembangan bisnis para UMKM dalam bentuk pendampingan, edukasi, hingga sarana dan prasarananya.

Fasilitas Pendukung Performa Bisnis UMKM dari Shopee

  • Fasilitas bantuan pembuatan toko bagi penjual yang belum terdaftar di Shopee. Dimulai dari pembuatan akun, pendaftaran layanan gratis ongkir, hingga foto dan upload produk. Supaya pelaku UMKM lebih memahami layanan dan fitur Shoppe, maka idsediakan tim khusus untuk memandunya.
  • Fasilitas edukasi dengan silabus pembuatan toko. Persiapan menuju ekspor, hingga fitur promosi. Program ini sudah dilengkapi dengan handphone dan perangkat laptop yang bisa digunakan para pelaku UMKM.
  • Fasilitas pemasaran seperti backdrop, ruangan live streaming, studio foto, mikrofon, tripod, seta sistem lighting yang bisa digunakan secara langsung oleh para pelaku UMKM.
  • Fasilitas manajemen logistik untuk simulasi gudang peralatan serta sistem inventaris toko online, printer thermal, barcode scanner, dan peralatan pengemasan.
  • Fasilitas ekspor yang berisi informasi serta panduan lengkapnya.
  • Fasilitas ruang meeting untuk pelatihan dan pendampingan secara individu.

Manfaat Bergabung Kampus UMKM Shopee Bagi Pebisnis Kecil

Mendapatkan pendampingan bisnis secara langsung untuk menerima pengetahuan tentang cara berjualan online, arahan, dan pelatihan dalam mendapatkan bantuan pendanaan dari Shopee. Berlaku untuk customer service, tim ekspor, hingga trainer.

  • Memperluas koneksi dengan pelaku usaha kecil dan menengah lainnya.
  • Memperoleh fasilitas pendukung penjualan di Shopee secara gratis.
  • Update informasi terkini langsung dari tim shopee
  • Mendapatkan tips dan trik dalam berjualan online
  • Menerima hadiah menarik yang mendukung penjualan

Lalu, Bagaimana Cara Bergabung dengan Kampus UMKM Shopee?

Melihat banyaknya manfaat yang diperoleh pelaku UMKM dari Kampus Shopee, tentu sangat disayangkan bila program ini dilewatkan begitu saja. Anda berencana akan gabung tapi belum tahu caranya? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Datang langsung ke kampus UMKM Shopee di Solo, Bandung, atau semarang untuk mendaftarkan diri menjadi penjual.
  2. Mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Shopee, mengisi formulir pendaftaran pembuatan akun penjual, dan menunggu sampai pihak shopee menghubungi (maksimal 2 hari kerja).
  3. Mengirimkan email dengan subjek: nama – pendaftaran program kampus UMKM Shopee – pilih salah satu lokasi kampus ke alamat kampusumkmshopee@shopee.co.id
  4. Melalui telepon di jam operasional mulai dari Senin-jumat pukul 9 pagi – 5 sore ke nomor 02180864200.

Bagaimana, sudah siap membawa bisnis Anda naik kelas? Silahkan daftarkan diri segera ke Kampus UMKM Shoppe dan manfaatkan semaksimal mungkin fasilitas ini untuk bisnis Anda. Semoga sukses.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *