Dapat Bantuan Modal dari Pemerintah ? Bagaimana Cara Mengelolanya ?

bantuan modal

Menteri Keuangan negara Indonesia sudah memastikan bahwa BPUM, BLT untuk UMKM sudah dimulai dari bulan Maret kemarin. Hadirnya berbagai bantuan tersebut bukan tanpa alasan. Pihak pemerintah sedang berupaya untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat yang terdampak karena ancaman virus korona. Maka dari itu berbagai bantuan dihadirkan supaya menjadi suntikan bagi masyarakat agar tetap bertahan ditengah pandemi.

Program tersebut sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, jika di tahun 2020, untuk program BPUM memberi dana sebesar 2,4 juta ke satu UMKM, di tahun ini tepatnya tahun 2021 hanya sebesar 1,2 juta saja. Jika di tahun sebelumnya bantuan tersebut diberikan ke 14 juta UMKM, untuk tahun 2021 akan memasang target 10 juta UMKM dan bisa berkemungkinan bertambah.

Tentu visi dan misi utama pemerintah memberikan dana bantuan modal usaha tersebut diperuntukan bagi masyarakat sekaligus pelaku usaha mikro yang usahanya terdampak langsung oleh pandemi Covid-19.

Cara Mengelola Bantuan Modal dari Pemerintah

Apabila Anda bingung kemana mengalokasikan bantuan modal yang diberikan pemerintah, tentu Anda harus mengingat bahwa bantuan tersebut diperuntukkan kepada masyarakat yang merupakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah, dimana beberapa usaha mikro terkena dampak dari paparan virus korona sampai saat ini.

Pemerintah berharap, dengan hadirnya bantuan modal usaha yang diberikan, Anda sebagai pelaku usaha mikro harus memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin, yaitu dengan mengalokasikan dana yang diterima untuk pengembangan usaha yang sedang dijalankan. Seperti usaha kerajinan, kuliner atau bahkan di bidang fashion yang terkena imbas dari hadirnya virus korona sudah 1 tahun berjalan.

Dengan adanya berbagai jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah, besar harapan untuk masyarakat yang menerima bantuan ini benar-benar mengoptimalkannya dengan baik dan bijak agar visi dari pemerintah tidak sia-sia dimana harapan terbesar pemerintah supaya masyarakat tetap bisa bertahan dan usaha yang mereka jalankan tetap berkembang meski beroperasi di tengah pandemi.

Hal ini untuk menjaga kesejahteraan dan kestabilan perekonomian Indonesia itu sendiri. Untuk itu, simak beberapa cara mengelola bantuan dana dari pemerintah secara bijak dibawah ini.

1. Mengutamakan Kebutuhan Pokok serta Kesehatan

Adanya Pandemi Covid-19 tentu memberi dampak yang sangat signifikan terhadap kondisi finansial masyarakat Indonesia khususnya. Sampai sekarang tidak bisa diprediksi kapan pandemi tersebut bisa berakhir.

Dengan begitu Anda bisa mengutamakan penggunaan bantuan modal dari pemerintah selain untuk menjaga kestabilan usaha, Anda juga dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan pokokĀ  serta kesehatan.

Kesehatan menjadi aspek yang sangat mahal di era pandemi saat ini, maka dari itu manfaatkan bantuan dari pemerintah dengan membeli makanan yang bergizi, perlengkapan kesehatan berupa hand sanitizer, masker, vitamin dan lain sebagainya.

2. Mengisi Dana Darurat

Tidak bisa dipungkiri di masa pandemi sudah banyak masyarakat yang akhirnya mengalami pemotongan gaji per bulan, dan bahkan ada yang harus di PHK dari kantor tempat dia bekerja. Apabila Anda masih bekerja sampai saat ini, bekerja dengan giat lalu sisihkan uang gaji dan dana bantuan dari pemerintah ke pos dana darurat milik Anda pribadi.

Jika mempunyai dana darurat yang disimpan, Anda bisa tenang untuk menjalani kehidupan setelahnya, termasuk adanya kemungkinan pemotongan gaji atau PHK dari perusahaan. Selain itu dana darurat dapat Anda simpan di pasar uang yang ada di reksa dana. Selain dapat dicairkan kapan saja tanpa adanya penalti, pasar uang di reksa dana mempunyai potensi hasil imbal di atas tabungan dan juga deposito.

Lebih bijaknya lagi apabila Anda mengalokasi dana bantuan tersebut untuk membangun usaha kecil yang memiliki prospek bagus, atau bahkan jika Anda memang memiliki usaha yang sudah dijalankan, bantuan modal dari pemerintah ini bisa dijadikan sebagai suntikan tenaga untuk usaha Anda semakin berkembang dan maju.

3. Membayar Hutang

Jika Anda mendapatkan dana BLT dari pemerintah, Anda dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk membayar berbagai utang yang Anda miliki, entah itu kepada saudara, keluarga, temana, bank, koperasi dan lain sebagainya. Karena status dana bantuan tersebut bersifat sementara, Anda bisa menggunakannya untuk melunasi berbagai utang yang dimiliki.

Setelah itu, Anda harus menyesuaikan gaya hidup. Jika kondisi finansial sedang menurun sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap hidup mewah supaya bisa terhindar dari yang namanya utang. Anda bisa menggunakan dana BLT dari pemerintah dengan baik agar bisa menjaga kondisi finansial yang sangat mudah terganggu karena pandemi Covid-19.

Namun, jika ingin lebih baik lagi dan bisa membuat dana yang ada terus bertambah, disarankan untuk menjadikan bantuan dana yang didapat sebagai modal usaha kecil-kecilan. Karena bantuan tersebut sifatnya sementara dan tidak berkelanjutan, maka mengalokasikannya ke sebuah usaha tentu akan menjadi pilihan paling bijak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *