Tips Memilih Brand Produk Ala Myspacebrand.com

brand produk

Brand merek yang bagus bukan hanya sesuatu yang terlihat keren di papan iklan atau menyenangkan untuk diucapkan. Dan yang pasti brand tidak hanya bagus karena Anda menyukainya. Berikut ini ada beberapa tips memilih brand produk dari myspacebrand.com.

Pahami Produk Anda

Sebelum Anda menentukan nama atau brand produk Anda, Anda perlu memahami siapa Anda dan apa yang ingin Anda capai. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami produk Anda terlebih dahulu. Berikut tuntunan yang bisa Anda pakai.

  1. Tujuan : Mengapa produk Anda ada?
  2. Visi : Masa depan apa yang ingin Anda bantu ciptakan dengan brand tersebut? Seperti apa masa depan itu?
  3. Misi : Apa yang harus Anda lakukan saat ini?  Bagaimana Anda menciptakan masa depan itu?
  4. Nilai : Prinsip apa yang memandu Anda mengenalkan produk Anda?

Setelah menjawab keempat hal tersebut, kombinasikan untuk menemukan kata yang tepat untuk Anda gunakan.

Apa Yang Membedakan Produk Anda Dengan Yang Lain

Memahami apa yang membuat merek Anda unik adalah kunci untuk menemukan nama brand Anda.  Tentu brand tersebut juga adalah satu hal yang membuat produk Anda unik. Ingat: Anda tidak hanya mencari nama yang bagus, tetapi harus mencari nama yang bagus untuk penggambaran produk. 

Periksa Nama Brand Anda

Bagian yang satu ini seringkali merupakan bagian yang paling membuat frustasi dalam menemukan sebuah brand yang unik dan baru. Anda harus memastikan bahwa brand Anda unik dan belum pernah digunakan sebelumnya.

Selain urusan legalitas nantinya, tidak ada gunanya menguji nama brand apapun yang sudah diambil. Jadi Anda perlu memeriksa calon brand Anda, mulai dari browsing hingga mencarinya di lembaga hak cipta dan sebagainya.

Beberapa Ide Yang Bisa Digunakan

Untuk mempermudah pencarian brand yang tidak hanya mudah namun juga unik, Anda bisa mencari beberapa ide dari saran berikut ini.

  1. Pendiri yakni menggunakan nama yang diambil dari tokoh nyata atau fiksi sebagai brand, seperti Warteg Ibu Dewi, Ayam Goreng Pak Har dan sebagainya.
  2. Deskriptif atau brand yang menggambarkan apa yang Anda lakukan atau buat, seperti Penjahit Makmur, Sayur dan Buah Segar dan lain sebagianya. 
  3. Fabrikasi atau membuat nama atau kata baru, seperti Kodak, Xerox, atau TiVo.
  4. Metafora atau menggunakan nama benda, tempat, orang, hewan, atau proses yang mistis, asing, atau penuh citra, seperti Nike atau Patagonia.
  5. Akronim atau branda yang menggunakan inisial atau singkatan, seperti DKNY (Donna Karan New York) atau GE (General Electric).
  6. Gabungan, atau brand yang merupakan portmanteau atau dua kata yang digabun bersama-sama atau kata nyata dengan ejaan yang dibuat-buat, seperti FaceBook atau Flickr.

Uji Brand Anda

Setelah Anda menemukan beberapa pilihan untuk Anda jadikan sebagai brand baik itu UKM atau produk bisnis Anda. Langkah selanjutnya adalah menguji brand Anda dengan melengkapinya dengan logo, moto dan juga mungkin halaman awal websitenya apabila memungkinkan.

Setelah itu, Anda bisa melakukan survey atau dengar pendapat dari pihak ketiga untuk mengetahui mana nama brand yang paling meresonansi paling menarik di telinga mereka. Setelah mendapatkan datanya, baru Anda bisa meresmikan brand untuk produk Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan nama brand untuk produk Anda. Tentunya informasi tersebut sangat penting untuk langkah awal bisnis dan UKM Anda. Untuk informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis dan UKM, Anda bisa mengunjungi Myspacebrand.com.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *