Tips Memulai UKM di Masa Pandemi dari Myspacebrand.com

UKM
Hand sketching sales or revenue funnel marketing concept with white marker on transparent wipe board.

Masa pandemi banyak menghalangi aktifitas keseharian kita. Salah satunya adalah jual beli. Namun, sebenarnya keberadaan internet cukup membantu untuk kita tetap berbisnis. Nah, bila Anda ingin memulai UKM Anda di masa pandemi ini, berikut beberapa tips dari myspacebrand.com. 

Ikuti Hasrat Anda

Akan sulit membangun bisnis jika Anda tidak bersemangat dengan apa yang Anda lakukan.  Menjadi pemilik bisnis berarti Anda mungkin akan mengalami masa-masa sulit dan akan menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan bisnis Anda.  

Jika Anda tidak berinvestasi secara mendalam pada apa yang Anda sukai maka ini akan menjadi perjalanan yang cukup sulit.

Lakukan Riset

Dalam kondisi pandemi saat ini, Anda mungkin tertarik untuk mengambil tindakan dan memulai sesegera mungkin sebelum orang lain melakukannya dan mendapatkan keuntungan. Hal itu baik, namun Anda harus melakukannya dengan benar dan itu berdasarkan riset Anda sendiri.

Sebelum memulai, pikirkan terlebih dahulu tentang:

  1. Siapa yang akan menjadi pelanggan Anda?
  2. Bagaimana Anda akan menjangkau mereka dan memasarkan kepada mereka?
  3. Dari mana Anda akan mendapatkan persediaan atau stok Anda?
  4. Berapa titik harga Anda untuk mencapai keseimbangan antara mendapatkan pelanggan dan menghasilkan jumlah keuntungan yang diperlukan?
  5. Apakah Anda akan menjual produk Anda secara online, secara langsung atau keduanya?
  6. Bagaimana Anda akan menerima pembayaran?
  7. Bagaimana Anda akan mematuhi aturan saat pandemi ini termasuk kerja aman dan jaga jarak sosial?
  8. Asuransi atau izin apa yang mungkin Anda perlukan?

Setelah menjawab semua itu, baru Anda bisa melangkah lebih jauh.

Atur keuangan Anda

Pertimbangkan kekuatan finansial Anda. Jika Anda meninggalkan pekerjaan untuk mengejar usaha baru ini, Anda mungkin harus memiliki uang yang disimpan untuk membantu Anda dalam beberapa bulan pertama saat Anda mulai mendapatkan pelanggan dan membangun aliran pendapatan Anda.

Demikian juga, Anda mungkin harus mencoba dan melunasi hutang sebelum Anda memulai, karena Anda mungkin mengalami masalah besar bila pemasukan Anda menurun. Jika pendapatan Anda berkurang itu artinya Anda akan mulai kehilangan kemampuan untuk membayar hutang Anda.

Buat Sesimpel Mungkin

Tantangan terbesar dan paling langsung untuk bisnis baru adalah mendapatkan pelanggan pertama dan mendapatkan pendapatan yang mengalir masuk. Jadi, Anda mungkin harus mulai menghitung berapa yang harus Anda habiskan untuk mendapatkan pelanggan tersebut?

Pasalnya, di belakang nanti Anda juga harus menyiapkan kemungkinan apabila Anda harus berkembang dan mengekspansi bisnis UKM Anda dan menambah pelanggan baru.

Bersiap Untuk Yang Terburuk

Ada penelitian yang menyatakan bahwa 60% bisnis baru gagal dalam tiga tahun pertama.  Tentu saja kita berusaha, berpikir dan berharap bahwa bisnis UKM kita berada di 40%. Akan tetapi tidak kalah bijaksana untuk memiliki rencana darurat dan bersiap untuk yang terburuk.  

Jika ternyata Anda tidak memiliki jaring pengaman yang memadai jika bisnis Anda tidak berhasil, Anda harus mempertimbangkan kembali secara potensial apakah sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memulai UKM Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memulai UKM Anda di tengah pandemi. Membuka UKM memang merupakan tantangan tersendiri apalagi di tengah kondisi seperti sekarang ini. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi salah satu dari 40% tersebut.

Semoga artikel dari myspacebrand.com ini bermanfaat untuk Anda dan juga menambah wawasan untuk Anda yang berkeinginan untuk menjadi entrepreneur di masa pandemi. Semoga sukses, jangan pantang menyerah dan terus belajar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *